Efek Samping dari Kemajuan Teknologi

CCTV IP camera merupakan salat satu alat keamanan yang seharusnya menjadi alat yang menjaga kita dari kejahatan namun fakta selalu berkata lain. Tidak percaya? Sekarang banyak orang menggunakannya untuk menjaga keamanan dari polisi, mengawasi dan mengintai orang lain.

Seorang stalker bisa mengikuti dan mengamati sasarannya dengan menggunakan sistem cctv atau ip kamera tanpa ketahuan. Bahkan seorang pencuri pun bisa mengawasi targetnya tanpa perlu takut untuk ketahuan karena dia hanya perlu mengawasinya dari tempat persembunyiannya. Ini adalah salah satu contoh efek samping atau negatif dari kemajuan teknologi.

Selain akibat negatif dari ip dan cctv kamera, masih banyak akibat negatif dari produk elektronik lain seperti:

  • Televisi bisa membuat anak dan orang dewasa lupa akan waktu. Mereka juga bisa mempelajari kekerasan dari film-film yang ditanyangkan di televisi.
  • Komputer menyebabkan orang untuk malas menulis dengan tangan dan menyebabkan kecanduan sehingga banyak orang  menghabiskan waktunya didepan komputer.
  • Internet menjadi salah satu alat yang memudah anak dan orang dewasa untuk mempelajari hal-hal yang buruk.
  • AC  membuat kulit cepat kering dan keriput dikarena udaranya yang dingin.
  • Handphone adalah salah satu alat yang bisa membuat seseorang kecanduan hingga lupa dan tidak peduli pada sekitarnya.
  • Headset dapat mengganggu pendengaran.

Semua ini dilihat dari point of view dampak negatif pada kita semua, walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa semua kemajuan ini mempermudah hidup kita namun ini juga membuat kita malas.

Seandainya seorang pemuda dari tahun 1988 dan pemuda dari tahun 2011 melakukan lomba lari, yang menang kemungkinan besar adalah pemuda dari tahun 1988. Kebanyakan dari kita terlalu tergantung dengan perkembangan teknologi sehingga kita tidak bisa hidup tanpanya. Tidak percaya? Coba tanya diri Anda, apa yang Anda lakukan saat inet, laptop, televisi atau komputer Anda mati? Marah, kesal, bosan, berteriak, tidur dan berkeluhkesah adalah respon yang diberikan oleh orang yang hidup pada zaman modern ini. –hm-

About these ads

7 pemikiran pada “Efek Samping dari Kemajuan Teknologi

  1. Betul juga sob, selain segala kemudahan yang didapat dari kemajuan tekhnologi, ada efek ikutan yang dalam hal ini bersifat negatif yang mau tidak mau harus ada. Untuk itu sebagai manusia dengan segala kelebihan akal dan pikiran yang diberikan Tuhan kepada kita untuk bisa memilah, menyaring dan meminimalkan efek negatif tersebut.

    Salam Kenal

  2. Kenapa Hanya negatifnya saja ? Positifnya ?
    contohnya.

    *Televisi bisa membuat anak dan orang dewasa lupa akan waktu. Mereka juga bisa mempelajari kekerasan dari film-film yang ditanyangkan di televisi.

    Positif >>>> Anak2 dan orang dewasa banyak menghabiskan waktu dirumah, tanpa keluyuran atau meninggalkan rumah atau istri&anak2 begitu juga sebaliknya thd istri atau anak2, film kekerasan tidak semua menjadi buruk, malah sebagian orang jadi sigap atau ber intuisi dengan sangat cepat jika ada tanda2 buruk yg akan terjadi, sebagian besar juga mempelajari cara berkelahi untuk mereka yg blum bisa beladiri/melindungi diri mereka, khususnya bagi anak2 atau orang dewasa yg hari2nya melewati daerah yg rawan kejahatan.

    *Komputer menyebabkan orang untuk malas menulis dengan tangan dan menyebabkan kecanduan sehingga banyak orang menghabiskan waktunya didepan komputer.

    Positif >>>> menulis ?
    dengan mengetik di komputer , semua typografi menjadi mudah, susunan layout pekerjaan menjadi mudah, membuat presentasi menjadi lebih menarik dengan flash animasi, membuat website untuk personal dan mengenalkan trik atau berita2 di daerah masing2 atau mempelajari bisnis wirausaha dari internet marketing. dan yang paling penting, membuat program2 yang sekarang dipakai diseluruh perusahaan , seperti bank,pemerintah,studio musik,edukasi sekolah + kampus, dan perkantoran yang memudahkan pekerjaan mereka sekaligus menambah performance waktu penyelesaian tugas.

    *Internet menjadi salah satu alat yang memudah anak dan orang dewasa untuk mempelajari hal-hal yang buruk.

    Positif : tidak semuanya hal buruk, dengan internet anak2 dan orang dewasa lebih cepat menerima informasi dengan networking community, atau mempelajari apa yg blum bisa, dengan menonton atau membaca tutorial2 yg ada,membuat video(belajar jadi produser film), membuat musik(menjadi musisi, mengerti partitur, menjadi komposer), membuat desain bangunan(berlatih menjadi arsitek dan suatu saat bisa dipakai jasanya utk orang lain dan pemerintah), dan membuat yang lain2. bahkan internet bisa membuat orang lebih cerdas daripada yang tidak bisa internet atau komputer. atau ada yang membuat prototipe penemuan terbaru ? mengukur energi atau simulasi kimia ?

    *AC membuat kulit cepat kering dan keriput dikarena udaranya yang dingin.

    Positif : udara steril, minimalisir bakteri. agar tidak cepat kering, gunakan pelembab. selanjutnya teman2 bisa menambahkan sendiri.

    *Handphone adalah salah satu alat yang bisa membuat seseorang kecanduan hingga lupa dan tidak peduli pada sekitarnya.

    Positif : dengan handphone malah kita bisa berkomunikasi dengan antar negara, menerima dan memberikan informasi, atau digunakan utk pengontrol software/hardware tertentu di pabrik dan di perkantoran, dengan handphone juga bisa merekam kejadian di skitar : ancaman, perampokan, dan kejahatan2 lain yang berguna utk kepolisian, juga mengungkap kebenaran seseorang dengan menggunakan voice recording, video recording.
    dan handphone bisa dengan cepat berhubungan dengan interface chatting conference yang memungkinkan chating dengan seluruh kelas di sekolah orang tersebut, atau satu perkantoran.

    *Headset dapat mengganggu pendengaran.

    Positif : dengan handset tidak mengganggu tetangga atau famili yang sedang serius tidur,bekerja,atau bahkan sedang kesal.
    dengan handset meminimalkan gangguan2 sosial.
    juga dengan jelas mendengarkan/ mempelajari sebuah komposing lagu atau translator dari berbagai bahasa.
    hemat listrik, dan lebih jeli mendengarkan suara dari komputer atau dari rapat penting / customer service phone.

    • Benar, teknologi juga membawa dampak positif yang banyak.
      Cara pengunaan yang tepat memang akan menghasilkan hasil yang positif
      tapi saat penggunaan yang over, hasilnya tidak akan baik.

      Artikel ini melihat dari point of view negatif seperti yang tertulis didalamnya “Semua ini dilihat dari point of view dampak negatif pada kita semua”

      Terima kasih atas masukannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s