Ucapan Gong Xi Fa Chai

Tahun baru imlek sudah semakin dekat namun banyak keluarga tidak bisa berkumpul karena dipisahkan jarak yang jauh. Biasanya imlek adalah saat sebuah keluarga besar berkumpul bersama namun semakin berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang mengejar impian mereka sehingga terpisah jauh dari keluarga inti. Jarak yang jauh bisa membuat hubungan menjadi renggang apalagi saat imlek yang seharusnya dirayakan bersama-sama.

Dalam adat istiadat imlek, seorang yang lebih muda harus membeli salam dan hormat kepada orang yang lebih tua. Salam harus diawali dengan kata “Gong Xi Fa Chai”. Kata ini bukan berati mengucapkan selamat tahun baru namun doa dan harapan agar orang yang menerima salam bisa berumur panjang,sehat dan sejahtera. Bila seseorang tidak memberikan kabar dan salam saat 15 hari imlek, orang tersebut akan dianggap tidak hormat dan kurang ajar.

Bila memang tidak bisa hadir, ada beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan seperti:

  • Surat : ini adalah cara paling tradisional namun masih ampuh untuk menjalanin hubungan baik itu jarak jauh maupun dekat. Bila menggunakan surat terlalu panjang, alternatif lainnya adalah kartu ucapan. Tentu saja harus menggunakan tulisan tangan agar maksud penulis bisa tersampaikan dengan baik.
  • Sms : merupakan cara modern cuma kurang terasa maksud penulisnya karena isi sms sangat pendek berbeda dengan surat ataupun kartu ucapan.
  • Telepon : ini adalah salah satu cara yang sangat disarankan karena bisa langsung mendengar suara si pemberi salam dan maksud dari si pemberi salam pun bisa langsung di terima oleh si penerima telepon.
  • Video chat : cara yang sangat disarankan karena cara ini tidak hanya meliputi audio saja tapi juga visual sehingga si penerima bisa mendengar dan melihat langsung si pemberi salam seperti berbicara saling berhadap-hadapan.

Ke-4 cara ini bisa dipilih menurut keinginan masing-masing tapi tidak tertutup kemungkinan ada cara lain yang bisa dilakukan. Gong Xi Fa Cai–hm-

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s