Melihat Melalui Video Chat

Perayaan tahun baru Cina atau lebih dikenal sebagai  imlek  ini tidak akan lengkap tanpa adanya arakan Barongsai dan replika Naga. Barongsai dan replika Naga telah menjadi salah satu simbol dari hari besar Imlek sejak President keempat Indonesia, Bapak Kyai Haji Abdurrahman Wahid mencabut larangan perayaan imlek sehingga hari imlek bisa dirayakan pada tahun 2000.

Sejak tahun 2000,semakin marak perayaan Imlek yang dilakukan dari Barongsai yang dikit hingga banyak bahkan arakan replika Naga akhirnya muncul di Indonesia. Namun tidak semua orang bisa menikmati pertunjukan terutama orang – orang yang sudah memasuki dunia kerja dan bisnis. Tidak semua orang bisa pergi ke kota – kota seperti Pontianak, Semarang atau Singkawang yang merayakan imlek secara besar-besaran dengan berbagai atraksi menarik dari kembang api, Barongsai, replika Naga hingga lampion.

Memang tidak semua orang bisa hadir di tempat-tempat tersebut tapi mereka tetap bisa melihat atraksi tersebut. Bisa? Gimana caranya? Gunakan fitur komputer atau handpone canggih yang sudah dikembangkan oleh sesama manusia. Fitur ini memiliki moto “ Jarak bukanlah halangan” karena memang jarak terhapus dengannya. Fitur ini adalah video chat.  Video chat merupakan fitur yang digunakan oleh orang untuk saling berhubungan dari jarak yang jauh namun pembicara bisa melihat lawan bicaranya. Kebanyakan video chat yang digunakan adalah  Yahoo messenger, Gtalk, Paltalk, MSN, Skype dan lainnya. Biasanya orang yang menggunakan video chat ini untuk berbicara dengan teman, pacar atau keluarga yang jauh. Kenapa tidak memanfaatkan video chat lebih jauh lagi.

Dengan webcame yang terdapat di komputer atau laptop, setiap orang bisa membagikan apa yang ingin diperlihatkan kepada teman, pacar atau anggota keluarga yang berada ditempat lain. Contohnya arakan replika Naga di Pontianak bisa diperlihatkan pada sanak keluarga yang tinggal di Malaysia dengan menggunakan webcame sehingga sanak keluarga disana bisa menikmati arakan tersebut walaupun mereka tidak bisa hadir di Pontianak. Gampangkan? Tidak hanya arakan, pemandangan pun bisa dibagikan. Semoga berguna –hm-

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 679 pengikut lainnya.