Langkah Dalam Pembuatan Barongsai

Perkembangan teknologi yang maju sangat memudahkan orang  dalam mencari informasi. Contoh salah satunya adalah  informasi membuat barongsai imlek. Sekarang sudah banyak video yang menunjukan cara pembuatan barongsai bahkan seseorang bisa langsung melihat proses pembuatan menggunakan video chat.  Tapi sebenarnya gimana cara pembuatan barongsai yang benar?

Pembuatan barongsai harus di mulai dari kepalanya karena kepala barongsai memerlukan persiapan yang cukup panjang dan waktu yang cukup lama.  Langkah –langkah yang benar dalam pembuatannya adalah:

  • Tentukan tipe barongsai yang ingin dibuat. Barongsai yang paling terkenal adalah barongsai Hoksan (utara) dan Futsan (selatan).
  • Cari tahu ukuran kepala yang cocok dan sesuai dengan tipe barongsai yang telah dipilih.
  • Buat kerangka utama (bentuk tapal kuda pada bagian yang biasa pemain masuk ) menggunakan bambu, rotan atau aluminium.
  • Setelah kerangka utama selesai, gunakan rotan untuk membuat kerangka seluruh kepala baronsai yang dibantu dengan kawat, tali nilon atau lem sebagi perekatnya.
  • Kerangka selesai, saatnya menggunakan kertas putih yang tahan air  untuk menutupi seluruh permukaan namun untuk mata dan hidung tidak boleh sampai tertutup. Proses ini dilakukan berulang-ulang agar tidak mudah rusak nantinya.
  • Proses pewarnaan dapat dimulai setelah lem kertas kering.
  • Buat telinga dan bola mata secara terpisah. Bahan yang digunakan sama yaitu pembuatan kerangka rotan yang kemudian di tutupi dengan kertas putih tahan air dan dicat.
  • Tambahkan bagian telinga dan bola mata.
  • Tambahkan hiasan kepada kepala barongsai berupa bulu dan kumis buatan.
  • Langkah terakhir adalah menyambungkan bagian tubuh dan kepala. Bagian tubuh dibuat dengan kain yang sudah diwarnai dan ditambah dengan bulu yang sama dengan kepala.

Terlihat mudah tapi sebenarnya susah karena membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi. Lebih baik berkunjung langsung atau melihat dari video pembuatan barongsai langsung bila ingin mempelajarinya. Cara lainnya adalah melakukan chat via video chat agar pembuat barongsai bisa memberitahukan langkah-langkah yang tepat. Semoga berguna –hm-

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 679 pengikut lainnya.