Penyebab Munculnya Varises

Harus diingat bahwa varies bukan termasuk kelompok bekas luka.  Kalau begitu varises termasuk golongan apa? Varises ada pelebaran pembuluh darah vena didalam tubuh dikarenakan aliran darah terhambat. Pembuluh darah vena atau nama lainnya pembuluh darah balik mempunyai fungsi membawa darah balik ke jantung setelah darah selesai membagikan oksigen dan nutrisi pada jaringan tubuh lainnya. Jadi bisa dibilang varises adalah kelainan yang terjadi pada pembuluh darah.

Apa penyebabnya? Banyak sekali seperti

–          Hamil

Saat hamil, berat badan plus janin di perut membuat kerja kaki sebagai penompang semakin berat yang menyebabakan aliran darah dari kaku hingga perut bagian bawah terhambat.

 

–          Kurang gerak

Kurang gerak alias selalu tidur-tiduran atau duduk saja akan menyebabkan otot ditubuh kaku terutama otot pada pembuluh darah vena sehingga  vena akan mengalami kesulitan saat melakukan tugasnya.

 

–          Rokok

Kandungan dari rokok dan asapnya  dapat membuat pembuluh darah menyempit dan tidak elastis alias kaku sehingga adanya hambatan saat darah mengalir di dalam pembuluh darah yang berujung terjadinya varises.

 

–          Gemuk

Kegemukan bisa memicu terjadinya varises terutama pada kaki karena pembuluh darah vena terjepit oleh lemak dan adanya hambatan saat mengarlikan darah dari kaki.

 

–          Berdiri terlalu lama

Berdiri terlalu lama akan menambah perkerjaan untuk pembuluh darah vena karena otot kaki memfokuskan diri untuk menahan berat tubuh.

 

–          Mengistirahatkan kaki secara salah

Setelah berlari, olahraga atau jalan jauh, lebih baik kaki diistirahatkan dengan benar. Duduk di lantai atau kursi kecil yang tidak lebih dari 25cm, lalu julurkan kaki. Atau sandarkan diri pada dinding saat duduk dilantai kemudia julurkan kaki, jangan dilipat atau ditekuk.

 

–          Sepatu berhak

Semakin tinggi hak sepatunya, semakin cepat kaki lelah sehingga pembuluh darah tegang dan tidak berkerja secara maksimal karena otak  mengirimkan pesan kepada kaki untuk menahan  menahan  berat tubuh.

 

–          Kerturunan

Seharunya varises terjadi saat hamil atau setelah dewasa, sedangkan varies yang terjadi sejak kecil berarti ini adalah kelainan yang dibawah sejak lahir.

Beberapa penyebab diatas bisa dihindari kecuali hamil dan keturunan tapi tetap saja adalah cara mencegahnya seperti yoga dan makan makanan berserat. Satu hal yang perlu diingat baik-baik adalah “Jangan Memijat atau Menekan Daerah yang Bervarises” karena akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Semoga Membantu –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s