Mencegah Varises

Kesempurnaan dan  kecantikan  adalah harapan semua orang tapi selalu muncul masalah yang menghalangi mimpi ini sehingga perawatan rambut, wajah, kulit dan bagian tubuh lainnya sudah menjadi bagian dari hidup manusia yang tidak bisa dipisahkan agar mereka bisa mengapai mimpi yang mereka idam-idamkan. Perawatan ini tidak hanya bertujuan untuk menyembukan atau memperbaiki sesuatu yang  sudah rusak seperti perawatan rambut untuk rambut bercabang atau perawatan wajah untuk wajah berjerawat tetapi juga menjaga agar setiap bagian tubuh tidak mengalami masalah yang bisa mengangu penampilan dan rasa percaya diri.

Selain rambut bercabang, muka berjerawat dan kulit kering, masalah yang sangat tidak disukai dan dihindari adalah varises. Varises adalah pembesaran pembuluh darah balik (Vena) karena adanya penumpukan darah  yang memunculkan tonjolan-tonjolan berwarna biru kehijauan sehingga pembuluh darah ini bisa terlihat sangat jelas walaupun tidak menggunakan kaca pembesar. Munculnya varises yang dapat terlihat dengan jelas di kaki atau bagian tubuh lainnya akan sangat mengganggu penampilan.

Karena banyak orang yang berusaha mencegah varises sehingga muncullah berbagai cara pencegahan yang bisa dilaksanakan sendiri dirumah seperti:

  • Olahraga ringan seperti berenang, jalan santai, bersepeda, yoga dan jogging secara teratur  minimal 30 menit sehari untuk melatih otot kaki, tangan atau bagian tubuh lain yang rentan muncul varises .
  • Jaga berat badan karena berat badan yang berlebihan akan memicu varises.
  • Hindari sepatu dan sandal bertumit / berhak tinggi yang bisa mempercepat munculnya varises di usia dini karena menambah beban kerja kaki.
  • Jangan berdiri, duduk secara bersila  dan duduk dengan lutut ditekuk terlalu lama karena akan membuat otot menjadi kaku dan menghambat peledaran darah.
  • Julurkan kaki saat duduk setelah menggunakannya agar peredaran darahnya tidak terhambat.
  • Konsumsi makanan berserat tinggi yang bisa membantu kelancaran siklulasi darah seperti keluarga bawang (bawang merah, putih dan bombay), jahe, cabai, perterseli,  sayur hijau, buah dan kacang-kacangan.
  • Alas kaki dan tungkai dengan bantal agar lebih tinggi dari jantung saat tidur untuk melancarkan peredaran darah.
  • Minum minuman bergizi seperti jus WSP (wortel, seledri dan peterseli), jus WBK (wortel, bayam dan ketimun), jus WBS(wortel, bayam dan seledri) atau jus selada air
  • Rendam Kaki di air hangat selama 15-30 menit untuk memperkuat dinding pembuluh darah dan melacarkan peredaran darah.
  • Pijat refleksi pada ujung kaki dan pijatan ringan daerah yang rawan terkana varises agar membantu peredaran darah. (Jangan meminjat area yang sudah muncul varisesnya karena pembuluh darahnya bisa pecah)

Pencegahan yang gampang kan? Tinggal dilakukan saja. Semoga membantu –hm-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s