Syarat Memilih Mainan Anak

Toko mainan merupakan  dunia impian yang sangat ingin dikunjungi oleh setiap anak.  Tidak ada yang salah karena anak – anak Toko Mainanmemang sangat menyukai mainan. Mainan-mainan tersebut menjadi alat pemicu imajinasi mereka. Contoh pastinya adalah action figures yang dimainkan seolah-olah mainan tersebut hidup seperti manusia pada umumnya.

Namun orang tua harus ekstra berhati – hati saat memilih mainan yan tepat untuk anaknya. Seperti yang telah dikatakan, mainan adalah alat pemicu imajinasi. Dengan imajinasi anak, mainan sederhana sekali pun bisa memberikan dampak kesenangan yang luar biasa. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk memilih mainan yang aman adalah:

–          Bentuk

Mainan dengan bentuk tidak rajim, lebih baik dihindari. Barang-barang yang memiliki sudut tajam juga harus dihindari. Pilihlah bentuk mainan yang tidak akan menyakiti anak, terutama saat memilih mainan untuk bayi dan balita.

–          Bahan

Cek apakah bahannya aman, cat yang digunakan dan kandungan kimiannya. Pilih bahan  sesuai usia. Dari umur bayi hingga balita, disarankan bahan yang agak lunak seperti boneka karena bayi dan balita cenderung akan mengigit mainan mereka. Lebih baiknya lagi cari mainan yang bisa digigit dan tidak bahaya.

–          Kreativitas

Mainan memang memicu imajinasi atau kreativitas tapi perlu diingat bahwa ini  tidak berlaku pada semua mainan. Mainan elektronik seperti game handphone tidak baik untuk anak dengan umur dini. Bila ingin anak lebih cepat belajar bahasa inggris, diharapkan anak sudah berumur diatas 13 tahun saat anak diberikan game online ataupun game ps yang berbahasa inggris.

–          Tahan Lama

Mainan yang dibeli harus awet untuk kurung waktu yang cukup lama karena anak-anak sangat aktif sehingga mainannya bisa dibawa terus, dilempar, ditendang dan berbagai kegiatan yang mereka anggap perlu.

4 hal ini memang sederhana, tapi hal-hal ini adalah hal yang sangat penting dan sudah terlupakan oleh kebanyakan orang tua. Sekarang, orang tua lebih memilih game canggih dan modern untuk menyenangkan anaknya tapi saatnya beralih pada mainan yang tepat dan memacu kreativitas mereka. –hm-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s