Menu Wajib Pernikahan Malaysia

Dalam sebuah pesta pernikahan, hal apa yang paling dinantikan oleh setiap tamu undangan? Pengantinya? Iya, tapi masih ada yang lain. Bingung? Tentu saja makanan yang disajikan sehingga pemilihan catering pernikahan yang tepat memerlukan berbagai pertimbangan yang matang baik dari calon pengantin dan angota ke dua belah pihak.

Ini tidak hanya dialami oleh masyarakat Indonesia saja tapi juga masyrakat dari Negara lain. Bagi setiap tamu undangan di seluruh dunia, makanan yang disajikan adalah cerminan rasa terima kasih dan syukur dari mempelai dan keluarganya. Makanan yang banyak ditemukan di persta pernikahan Indonesia adalah nasi putih, rendang, sate, soto, siomay bandung, mie kocok, pempek palembang, sup sayur, es doger dan banyak lagi menu tradisional Indonesia yang menjadi simbol makanan pesta pernikahan.

Menu MalaysiaBeda Negara, beda hidangan. Ini adala istilah yang tepat untuk  mengambarkan menu pesta pernikahan di Indonesia dan Malaysia.  Pada acara pernikahan, menu yang wajib  disajikan oleh catering pernikahan di negara Malaysia adalah nasi minyak, nasi briyani, ayam masak merah dan rendang.

Nasi minyak adalah nasi yang dimasak dengan minyak, jahe,santan  dan berbagai jenis rempah seperti kismis, bawang merah dan bawang putih. Berbeda dengan nasi minyak, nasi briyani berwarna agak kekuningan .  Nasi briyani sangat wangi karena dimasak menggunakan berbagai jenis rempah yang lebih banyak dari pada nasi minyak seperti jintan, cengkeh, kapulaga, kayu manis, daun salam koja, ketumbar, daun mint, jahe, bawang bombay, bawang putih dan safron (kuma-kuma).

Bila nasi briyani di pengaruhi bangsa Persia, ayam masak merah  mendapatkan pengaruh dari Negara gajah putih, Thailand. Cara memasak menu ini cukup gampang begitu juga bahannya.  Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah ayam, saus tomat, cabe, jahe, kunyit dan bawang.

Untuk menu terakhir yaitu rendang sapi, pasti sudah pada tahu karena menu ini juga terdapat dalam menu pesta pernikahan Indonesia. Rendang ini biasanya dimasak dengan cara Minangkabau atau India. Namun kebanyakan masakan rendang ini dimasak dengan cara Minangkabau. Rendang memiliki 4 bahan pokok yang harus dimasukan yaitu daging sapi, santan kelapa, cabe dan bumbu lain seperti bawang, lengkuas dan serai.

Sampai di sini dulu ceritanya. Semoga berguna –hm-

Iklan

2 pemikiran pada “Menu Wajib Pernikahan Malaysia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s