Program Merupakan Otak Komputer

Program KomputerProgram  merupakan  kata yang terdiri dari dua suku kata dan  sering dipakai dalam istilah dunia komputer. Biasa orang akan hanya menyebutnya program komputer  karena komputer dan laptop mengunakan program yang sama. Selain kata program, kata software merupakan salah satu istilah yang sering digunakan untuk mengganti kata program. Dua kata ini terlihat berbeda namun mereka berdua sebenarnya adalah sinonim untuk satu sama lainnya. Jadi sebenarnya sama saja bila seseorang menyebut software kasir dengan program kasir.

Program atau software sangat dibutuhkan untuk menjalankan sebuah komputer atau laptop. Mereka bagaikan otak dari sebuah komputer. Mungkin beberapa orang memiliki pertanyaan seperti ini, “Bukankah motherboard yang menjadi otak dari sebuah komputer?” Ya, motherboard merupakan otak tapi otak ini memerlukan program agar dia bisa berjalan. Siapa yang bisa menjalankan komputer bila tidak di install program motherboard dan windownnya? Jawabnya tentu saja tidak ada.  Sehingga boleh dibilang program adalah alat untuk menghidupkan komputer atau membuat komputer berfungsi semestinya sesuai fungsi dia diciptakan.

Biarpun komputer sudah hidup dan berjalan dengan program-program pendukungnya, manusia tidak akan pernah puas. Seiring berjalannya waktu, program yang ditambahkan ke dalam komputer akan semakin banyak. Program yang ditambahkan berbeda-beda karena disesuaikan dengan kebutuhan pemakainnya. Dari semua program yang tersebar di dunia, hanya beberapa program yang pasti ditambahkan dan sama di setiap komputer, yaitu:

  • Browser (Mozila, Chrome, Opera atau Internet Explorer)
  • Yahoo Messenger
  • Microsoft (minimal Word, Power Point dan Excel)
  • Media player (Winamp, Realplayer atau Window Media Player)
  • Anti virus (Avira, Avast, Smadav, AVG atau Kaspersky)
  • Adobe (Reader dan Flash)

Berani bilang tidak? Karena 6 program di atas adalah program yang harus ada untuk menlindungi  komputer dari serangan dan menghibur penguna komputer tersebut. Semoga berguna –hm-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s