Sejarah Awal Permulaan Action Figures

ungkapan action figures pertama kali diperkenalkan oleh sebuah perusahaan Amerika yang bernama Hasbro pada tahun 1964. Perusahaan ini merupakan perusahaan pembuat mainan terbesar di dunia. Mainan yang pertama dinamakan action figures adalah G.I.Joe.

Apa itu G.I.Joe? G.I.Joe merupakan mainan yang mengambil wujud tentara Amerika. Tentu saja ini meliputi semua bagian dalam militer Amerika seperti tentara darat, udara, laut dan palang merah.

Pada tahun 1971, perusahaan mainan Mego pun tidak mau kalah dari Hasbro. Dengan lisensi yang telah dibeli dari percetakan komik Marvel dan DC, Mego berhasil meluncurkan figur-figur yang diambil dari komik.

Bukan hanya Amerika saja yang memproduksi jenis mainan ini. Jepang sebagai negara yang cepat belajar  juga tidak ketinggalan. Salah satu perusahaan mainan Jepang bernama Takara berhasil meluncurkan action figures bernama Microman pada tahun 1974. Sejak itu semakin banyak figur  yang di produksi tidak hanya dari ketiga perusahaan ini karena sekarang sudah banyak perusahaan yang mendedikasikan diri untuk membuat action figures seperti McFarlane Toys, Palisades Toys, National Entertainment Collectibles Association (NECA).

Wah, ternyata action figures ini sudah ada sejak lama. Bila dihitung dari tahun ini (2012) maka umur mainan ini adalah 48 tahun. Semoga berguna –hm-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s