5 Tanda Water Heater Perlu Perbaikan

Apakah Anda punya water heater (pemanas air) untuk kamar mandi di rumah? Bila ya, Anda perlu tahu tanda – tanda pemanas air yang akan rusak. Berikut 5 tanda water heater yang mengalami kerusakan dan memerlukan perbaikan:

  • Perubahan air biasa menjadi air panas memakan waktu lebih dari satu (1) menit. Coba cek kran lain yang menggunakan mesin yang sama, apakah kurung waktu yang dibutuhkan sama. Dan jangan lupa juga cek apakah frekuensi waktu yang dibutuhkan makin lama setiap harinya. Bila semua jawaban ya, langsung hubungi ahlinya karena lama kelaman pemanas air ini akan berhenti memproduksi air panas.
  • Aliran air yang keluar kecil dan pendek berarti ada penyumbatan. Hunbungi ahlinya sebelum keadaan menjadi sangat parah.
  • Bila alat mulai mengeluarkan suara seperti suara benturan, retak atau suara bising lainnya, sebaiknya hubungi tukangnya sebelum telat. Suara tersebut dihasilkan oleh mineral keras yang tidak sengaja terbentuk didalam alat water heater.
  • Masalah yang sering terjadi adalah kebocoran. Water heater yang sangat sering mengeluarkan air menandakan sudah waktunya memanggil tukang yang dapat memperbaikinya.
  • Air panas yang dikeluarkan berbau.  Di setiap alat pemanas, selalu ada batang anoda yang melidungi air dari korosi (penyebab air menjadi bau). Bila air mulai berbau berarti terjadi sesuatu dengan batang anodanya. Hubungi ahli untuk menyelesaikan masalah ini.

Banyak orang tidak memperdulikan tanda – tanda ini hingga keadaan sudah telat sehingga pemanas airnya harus diganti dengan yang baru. Seperti kata pepatah “Lebih Baik Mencegah”, cegah jangan sampai mesin pemanas air rusak karena harga yang dikeluarkan akan lebih mahal untuk membeli pemanas baru. Semoga berguna –hm-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s