6 Tips Melawan Rambut Botak

Rambut botak dianggap sebuah fenomena yang biasa dan umum terjadi di masyarakat terutama untuk pria. Jon Matthews menjelaskan bahwa 20% pria akan mengalami rambut botak sejak menginjak usia 20 dan 50% pria akan mengalaminya pada usia 50. Kebanyakan dari mereka berpikir bawah fenomena rambut botak ini terjadi karena DNA alias keturunan hingga tidak ada yang bisa dilakukan.

Rambut BotakCara berpikir ini tentu tidak lah salah karena DNA turunan bisa menjadi salah satu penyebab rambut botak namun perlu diingat ini hanyalah ‘Salah Satu Penyebabnya’ karena masih banyak lagi penyebab rambut botak lain entah itu karena penyakit, aktivitas sehari atau pengaruh obat jadi jangan menyalahkan DNA yang mengalir dalam diri Anda.

Biarpun rambut botak merupakan keturunan, tentu saja adalah cara mengecahnya. 6 tips untuk mencegah rambut botak  dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang harus dilakukan secara teratur, yaitu:

  • Dengan menyikat rambut secara teratur, Anda akan membantu membuang kotoran dan minyak rambut alami yang sudah menempel dirambut. Dengan menyisir, minyak lama akan disingkirkan agar kulit bisa menghasilkan minyak alami yang baru. Bila kotoran dan minyak alami sudah numpuk, ini akan menyumbat tempat rambut tumbuh sehingga rambut botak pun terjadi.
  • Jangan sembarangan menggunakan gaya rambut. Rambut yang terlalu sering ditata dengan bahan kimia seperti gel lebih baik dihindari karena gel yang tidak sengaja nempel di kulit kepala hanya akan menghambat pertumbuhan rambut hingga memicu rambut botak. Diusahakan juga jangan mengikat, mencat atau melakukan catok terlalu sering, hal ini akan membuat rambut menjadi rapuh.
  • Pijat kulit kepala sesering mungkin. Dengan kegiatan memijat kulit kepala, Anda sudah membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan mencegah rambut botak.
  • Gunakan Hair Tonic alami. Tonik rambut alami lebih murah daripada tonik yang dijual dipasaran. Cari resep tonik yang pas  untuk rambut botak dan bisa diracik sendiri.
  • Masker rambut alami juga bisa menjadi pilihan. Banyak masker rambut yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut botak seperti masker minyak zaitun, lidah buaya plus madu, buah malaka dan masker alami lainnya.
  • Tips terakhir adalah makanan sehat dan bergizi. Rambut botak tidak hanya memerlukan perawatan dari luar saja tapi juga dari dalam. Perawatan dari dalam bisa didapat dari makanana yang sehat dan bergizi seperti bayam, gandum, makanan laut, selada, paprika, tomat, kacang, wortel, brokoli, sawi hijau dan makanan lain yang banyak mengandung mineral dan vitamin.

6 tips yang mudah dan sederhana namun percayalah, 6 tips ini sudah terbukti kegunaanya untuk melawan rambut botak.  Semoga berguna –hm-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s