Game Online MMORPG

Game online MMORPG merupakan game yang menggunakan sistem ‘Massively Multiplayer Online Role-Playing Game’ atau memainkan game bersama ribuan pemain lainnya. Game online ini dimainkan dengan komputer atau laptop.

Game online bergenre MMORPG memiliki pengemar yang sangat banyak banyak. Sebenarnya kapan game bergenre ini diciptakan? Siapa pencetusnya? Artikel ini muncul untuk menjawab semua pertanyaan tersebut.

Sejarah Singkat Game Online MMORPG

game onlineIstilah MMORPG pertama kali dibuat oleh Richard Garriott. Richard menggunakan istilah MMORPG ketika dia meluncurkan gamenya yang berjudul  ‘Ultima Online’ pada tahun 1997. Padahal sebelum Richard mencetuskan istilah ini, game pertualangan online yang dimainkan oleh banyak orang biasanya disebut dengan MUD. Ketika membicarakan sejarah game online MMORPG, kita tidak boleh merupkan MUD karena cikal bakal MMORPG adalah game MUD seperti Mazewar (1974) dan MUD1 (1978).

Terciptalah sistem ‘Sierra Network’ yang dikembankan oleh Sierra On-Line pada tahun 1989 yang merupakan sistem pemainan masal game online yang pertama di Amerika. Game online yang menggunakan sistem ini sangat banyak baik itu game RPG atau jenis game lainnya.

Game online pertama yang menggunakan grafis canggih dengan sistem pemainan masa dan bergenre RPG adalah ‘Neverwinter Nights’ yang dikeluarkan pada tahun 1991 secara online oleh AOL. Setelahnya muncullah game ‘The Shadow of Yserbius’ (1992), ‘The Fates of Twinion’ (1993) dan ‘ The Ruins of Cawdor’ (1995) sebagai generasi game online masal RPG.

Game online MMORPG yang dikenal sekarang dimulai sejak tahun 1996. Dimana pada tahun ini, game online yang terkenal adalah game ‘Meridian 59’. Game ini menyuguhkan 3-D karakter yang terlihat lebih hidup. 3-D karakter sudah banyak digunakan pada Game online MMORPG sekarang.

Meskipun ‘Meridian 59’ merupakan pencetus game online MMORPG dengan kualitas modern yang kita kenal sekarang, banyak orang menganggap ‘Ultima Online’ (1997) sebagai game pertama yang mempopulerkan genre ini karena game ‘Ultima Online’ lebih terkenal.

Sejarah yang singkat namun padat untuk menjelaskan munculnya game online MMORPG. Semoga berguna –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s