Makhluk Hidup Terbesar di Dunia

Makhluk hidup merupakan penghuni bumi yang terbanyak setelah air, udara dan tanah.  Ciri – ciri terpenting dari makhluk hidup adalah bernafas, tumbuh, beradaptasi, berkembang biak, bergerak dan memerlukan nutrisi.

Apa saja yang bisa disebut makhluk hidup? Yang bisa disebut makhluk hidup adalah manusia, hewan dan tumbuhan. Mereka bertiga memenuhi setiap ciri – ciri mahluk hidup. Hewan dan tumbuhan merupakan makhluk hidup yang bisa memiliki ukuran yang lebih besar daripada manusia. Berikut adalah hewan dan tumbuhan terbesar di dunia:

Paus biru (Balaenoptera Musculus) merupakan hewan terbesar di dunia yang pernah hidup. Paus biru ini bisa memiliki berat hingga 180 ton atau lebih dengan panjang hingga 33 meter. Paus biru bisa ditemukan di samudra Antartika, Pasifik timur laut dan Hindia.

paus biru

paus biru

Gelar hewan inverterbrata (hewan tanpa tulang belakang) terbesar di dunia dipegang oleh Colossal Squid (Mesonychoteuthis hamiltoni). Colossal Squid merupakan cumi – cumi terbesar di bumi yang memiliki ukuran antara 12 – 14 m (39 – 46 kaki). Diyakini hewan ini dapat ditemukan di sekitar samudra Antarktika (Lautan Selatan).

Colossal Squid

Colossal Squid

Pohon bernama Giant Sequoia (Giganteum Sequoiadendron) dikenal sebagai pohon dengan volume terbesar di dunia.  Pohon ini dapat tubuh sampai ketinggian 50 – 85 meter dengan diameter 6 – 8 meter. Pohon ini dapat ditemukan di Sierra Nevada, California.

Pohon Giant Sequoia

Pohon Giant Sequoia

Aspen (Populus Tremuloides) merupakan pohon dengan sistem akar yang saling menghubungkan satu pohon Aspen dengan pohon Aspen lainnya.  Sistem pohon aspen terbesar ada di Utah yang meliputi 106 hektar tanah.

Pohon Aspen

Pohon Aspen

Jamur madu (Armillaria Ostoyae) adalah bukan hanya menjadi  jamur terbesar di dunia tetapi juga menjadi mahluk hidup terbesar di dunia bila mengukur area yang ditutupi jamur ini. Sebuah koloni jamur madu tunggal yang tumbuh dari satu spora ini berhasil menutupi area seluas 22000 hektar di Malheur National Forest, Oregon. Jamu madu ini merupakan jenis jamur parasite yang tumbuh di pohon –pohon baik pohon biasa atau pohon perdu. Jamur ini hanya akan tumbuh selama musim gugur sedangkan pada musim lainnnya, jamur –jamur ini akan tertidur di dalam tanah.

Jamur Madu

Jamur Madu

Hal yang paling mengagetkan adalah  jamur dinobatkan sebagai mahluk hidup terbesar untuk bumi ini. Ilmu pengetahuan memang tidak ada batasnya. –hm-

Iklan

8 pemikiran pada “Makhluk Hidup Terbesar di Dunia

  1. kalau boleh tau sumbernya mana kang?
    Apa semua akang yg punya photo dan akang yg menelitinya?
    Wah huebat.. Hehehehe

    • dari majalah Times New York, ditambah beberapa sumber lain lagi soalnya gak berani nulis klo gak benar…hhehe
      foto dicari lagi yang lebih jelas karena di beberapa sumber, fotonya kurang jelas.

    • ya..sampai ada seorang peneliti yang memasukan honey mushroom yang kemudian diteliti. klo paus biru masih dinobatkan sebagai hewan paling besar.

      (link kakak, saya hapus karena di bawa nickname sudah ada link blognya. Diharapkan tidak menambahkan link lagi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s