Metode Pengobatan Tumor Otak

Dalam pengobatan tumor otak ada beberapa metode yang bisa digunakan dan dipilih oleh dokter maupun penderita tumor. Kebanyakan pasien hanya menjalani satu cara pengobatan namun  tidak tertutup kemungkinan pasien juga menerima pengobatan kombinasi (lebih dari satu cara pengobatan).

Dalam memilih sebuah metode pengobatan tumor,dokter biasanya akan memperhitungkan beberapa hal seperti jenis tumor, stadium berapa dan kondisi pasien. Oleh sebab itu, seorang pasien harus berdiskusi secara langsung dengan dokter agar mendapatkan jawaban dan penjelasan yang akurat tentang cara pengobatan yang tepat.

Pasien pun harus aktif bertanya kepada dokter apa saja efek samping dari setiap pengobatan tumor yang akan dijalani, kapan sembuhnya, berapa persentase keberhasilan dan pentanyaan lainnya yang menurut pasien penting. Para dokter pasti akan dengan sabar menjelaskan satu persatu hingga pasien merasa yakin dengan pengobatan yang akan dijalanin.

Beberapa metode pengobatan tumor yang dapat dipilih adalah

  1. pengobatan tumor gamma knifeOperasi merupakan metode pengobatan yang paling banyak dilakukan.  Operasi untuk otak biasanya dijalankan oleh ahli bedah otak yang sudah mengenal seluk beluk otak. Namun operasi kadang-kadang tidak bisa dilaksanakan bila tumor sudah memasuki area otak tertentu seperti jariangan otak dalam.
  2. Terapi radiasi yang biasa juga disebut sebagai radioterapi. Terapi ini menggunakan sinar berenergi  tinggi untuk membunuh sel tumor. Radiasi ini biasanya berasal dari sinar X, Gamma Knife atau proton. Dalam menjalani terapi ini, pasien akan dimasukkan ke mesin besar dimana mesin tersebutlah yang akan membunuh sel – sel tumor yang ada.
  3. Kemoterapi merupakan cara pengobatan tumor yang menggunakan obat – obatan. Obat yang diberikan bisa dari mulut atau melalui suntikan. Pemberian obat biasanya disesuaikan dengan jenis tumor. Cara pengobatan ini termasuk cara pengobatan yang lama karena cara pengobatan ini bertahap.

3 cara pengobatan tumor ini merupakan cara yang umum dan banyak digunakan hingga sekarang. Selain mengandalkan metode pengobatan ini, pasien juga harus memiliki semangat juang yang pantang menyerah  dan suasanan hati yang gembira karena semangat juang dan suasana hati seseoranglah yang dapat menjamin keberhasilan 3 metode pengobatan tumor ini. Semoga informasi ini berguna. –hm-

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s