Tips Perawatan Bagi Rambut Bercabang

Rambut bercabang lebih sering terjadi pada orang berambut panjang. Hal ini dikarenakan semakin jauh ujung rambut dengan akar, semakin sedikit minyak pelumas (minyak alami dari kepala) yang didapatkannya, Malahan untuk beberapa kasus, ujung rambut sama sekali tidak mendapat minyak pelumas sama sekali.

Ujung rambut yang tidak mendapat minyak pelumas akan menjadi kering dan kasar. Semakin lama keadaan ini terus berlanjut, ujung rambut akan sakit. Penyakit yang biasanya diderita oleh ujung rambut adalah rambut bercabang. Ujung rambut akan terbelah menjadi beberapa bagian seperti pohon yang memiliki banyak ranting. Perawatan rambut untuk masalah ini sangat diperlukan.

Memang manusia tidak bisa memaksa minyak pelumas alami rambut untuk melumasi semua bagian rambut namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk perawatan rambut bercabang yang bisa dilakukan baik sudah atau belum mengalami masalah ini. Berikut tips perawatan rambut sederhana yang bisa dilakukan:

  • jenis rambut bercabangSisir rambut sebelum mandi dapat meminimalkan kerusakan yang disebabkan menyisir rambut setelah keramas. Menyisir rambut termasuk perawatan rambut yang sangat perlu dilakukan sehari sekali atau 2 kali karena dapat melancarkan peredaran darah pada kepala.
  • Keramas mulai dari kepala lalu turun secara perlahan ke ujung rambut saat rambut sedang tergelai. Ini akan meminimalkan rambut rusak yang dapat menyebabkan rambut bercabang.
  • Gunakan kondisioner yang banyak terutama untuk ujung rambut karena kondisioner tidak hanya berfungsi sebagai pelumas tetapi juga pelindung bagi rambut. Pilih kondisioner yang diciptakan khusus untuk masalah ini.
  • Jangan terlalu sering menggunakan peralatan yang mengeluarkan panas sperti alat catok atau alat blow karena panas dari alat tersebut dapat merusak rambut walaupun perawatan rambut Anda sudah maksimal.
  • Ketika rambut Anda sudah bercabang, rutinlah mengunting 1 inchi di atas rambut bercabang. Cabang tersebut akan semakin terbelah hingga akar rambut bila tidak dipotong.

Tips perawatan rambut bercabang di atas harus dilakukan secara teratur agar bisa  mengatasi masalah rambut bercabang. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s