Memulai Sebuah Panti Asuhan Anak

Disaat Anda terbesik atau berpikir untuk memulai sebuah panti asuhan anak, Anda bingung dari mana Anda harus memulainya. Jangan berkecil hati karena banyak orang yang juga tidak tahu. Sebuah panti bukanlah bisnis melainkan sebuah rumah untuk anak – anak sehingga jarang ada artikel yang membahas cara memulai sebuha panti.

Tips Membuka Panti Asuhan Anak

Berikut  ini saran dan langkah yang bisa dilakukan untuk membangun sebuah panti:

  • Belajar dari panti asuhan anak resmi yang beredar di Indonesia. Lakukan sesi tanya jawab dengan penanggung jawabnya agar mengetahui secara teliti cara memulai sebuah panti. Pastikan tanya dengan baik.
  • Cari tahu peraturan pemerintah dan daerah mengenai panti. Biasanya negara memiliki persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi. Anda juga bisa meminta bantuan humas pemerintah.
  • Buat perencanan setelah mengetahui dengan pasti cara pengelolahan dan persyaratan panti asuhan anak. Perencanaan pada tempat, bagunan, jasa, pelayanan dan modal yang dibutuhkan.
  • Cari tempat yang cocok digunakan sebagai panti, jangan sembarangan. Tempatnya harus cocok untuk kondisi pertumbuhan anak. Bila bagunannya sudah tidak dimemungkinkan untuk ditinggali, berarti saatnya memanggil konstruksi bangunan.
  • Setelah memperhitungkan modal yang dibutuhkan secara rinci. Cari modal untuk membangun panti asuhan anak dari berbagai sumber. Modal bisa berasal dari uang sendiri, gabungan dengan teman dan saudara atau donasi.
  • Pada saat pengalangan dana, Anda bisa membuka akun bank tersendiri yang berbeda dengan akun bank pribadi.
  • Pulishkan berita tentang panti asuhan anak ini melalui social networking (Fb dan twitter) serta menggunakan iklan di koran untuk pengalangan dana. Hal ini bisa terus dilakukan walaupun panti sudah selesai dibangun.
  • Buatlah peraturan untuk sukarelawan, petugas dan anak-anak. Peraturan ini dibuat untuk menjaga ketertiban dan keberlangsungan panti.
  • Masukan panti Anda yang sudah jadi kedalam daftar panti asuhan anak pemerintah dan lembaga sosial sehingga mereka tahu bahwa mereka bisa merujukan anak-anak ke tempat Anda.

Jangan lupa tanya- tanya  ya dengan para pengurus panti asuhan anak yang ada disekitar Anda. Semoga berguna –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s