7 Tips Memilih Mesin Water Heater Gas

Jenis mesin water heater yang hemat adalah mesin pemanas air tanpa tangki penyimpanan. Tangki penyimpanan mengharuskan mesin pemanas terus berkerja untuk menjaga suhu panas pada air di tangki sehingga mesin akan terus menguras sumber energi.

Beberapa mesin water heater tanpa tangki menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Namun ada juga tipe mesin lain yang menggunakan sumber energi lain seperti gas, bahan bakar (bensin), sinar matahari dan sumber lainnya. Mesin pemanas dengan tenaga gas biasanya lebih efisien dan menghemat energi.

Berikut tips yang perlu diketahui sebelum membeli sebuah mesin water heater bertenaga gas:

  • Tentukan bagian rumah mana saja yang akan dialiri. Contohnya Anda memiliki 7 kamar mandi namun Anda hanya memutuskan mengaliri air panas hanya pada 3 kamar mandi saja.
  • Tentukan seberapa banyak air yang digunakan sehari-harinya pada daerah yang Anda aliri.
  • Tentukan apakah Anda akan menggunakan instalasi terpusat (centralized) atau point-of-use. Instalasi centralized memang murah namun dia biasanya hanya bisa menangani hingga 19 l/m air panas sehingga gak cocok untuk rumah besar karena semua aliran air panas hanya berasal dari satu mesin pemanas air. Sedangkan instalasi point-of-use berarti memasang 1 mesin water heater di 1 tempat yang akan dialiri air panas dan 1 mesin lainnya di tempat yang akan dialiri air panas lainnya jadi seperti 1 aliran hanya berasal dari 1 mesin, tentu harganya amat mahal namun cara instalasi ini cocok untuk tempat tinggal yang besar.
  • Tentukan tempat pembuangan gasnya.  Pembuangan ini bisa dilakukan melalui ventilasi stainless atau atap rumah. Bila Anda ingin menggunakan ventilasi, pastikan Anda membelinya saat akan membeli mesin water heart agar Anda bisa memastikan kompatibilitas ventilasi dengan mesin water heater Anda.
  • Cari tahu informasi alat-alat pemanas air beserta harganya dari internet yang sesuai dengan kiteria Anda. List nama-nama mesin yang sesuai kiteria Anda. Info bisa dicari di web penjual mesin pemanas air, komentar atau testi.
  • Jangan lupa menanyakan kepada teman, saudara atau keluarga yang sudah memasang pemanas air tentang jenis pemanas air gas yang baik.
  • Cek langsung ke toko yang menjual mesin water heater gas untuk memastikan apakah spesifikasi mesin water heater sesuai dengan info di internet dan testi orang.

Semoga membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s