Susu Sapi atau Susu Kedelai?

Bila ditanya pilih susu mana yang lebih sehat antara susu sapi dan susu kedelai, pastinya hampir lebih dari 50% orang akan memilih susu kedelai daripada susu sapi. Tapi benarkan pikiran orang-orang tersebut?

Memang sekarang sudah banyak orang yang memiliki alergi pada susu sapi sehingga harus beralih ke susu kacang kedelai dan susu dari sapi emang memiliki kadal lemak yang lebih banyak namun tidak berarti susu dari sapi ini tidak sehat. Tahukah Anda bahwa susu kacang kedelai yang banyak diagung-agungkan sebagai susu sehat ternyata memiliki kelemahan?

Berikut kelemahan dari susu kedelai:

  • Hanya mengandung sedikit kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Memang beberapa produsen penghasil susu kacang ini menambahkan kalsium kedalamnya namun riset membuktikan bahwa kalsium buatan tersebut tidak sesehat kalsium alami.
  • Susu sapi mengandung methionine dua kali lipat dari pada susu kacang yang penting bagi tubuh.
  • Susu kedelai hanya mengading sedikit riboflavin atau vitamin  B2.
  • Sebuah studi yang ada di Journal Human Reproduction mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kedelai yang secara teratur bisa menggurangi produksi sperma secara bertahap. Ini bisa berarti lama-lama gak ada sperma sama sekali bila terlalu sering dan banyak mengkonsumsi susu kacang kedelai.

Namun selain kekurangan di atas, tentu saja susu kacang kedelai juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh susu sapi seperti:

  • susu sapi dan kedelaiMemiliki kandungan protein  yang tinggi.
  • Bebas lemak dan tidak mengandung kolesterol jahat.
  • Mengadung vitamin B1 dan B3 yang lebih tinggi daripada susu sapi.

Sedangkan kelemahan dari susu dari sapi adalah semua kelebihan dari susu kacang kedelai. Semoga informasi ini berguna.  Catatan bagi orang tua: jangan pernah memberikan susu kacang atau sapi pada anak dibawah umur 2 tahun.–hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s