Tips Memilih Warna Cat Dinding

Mengecat dinding rumah memang penting tapi memilih cat dinding yang tepat juga tidak kalah pentingnya. Kata orang warna cat itu sangat penting. Warna cat yang tepat dapat memperbaiki mood, mempercantik rumah dan memberikan kesan pertama pada seseorang.

Berikut tips untuk memilih cat dinding yang tepat:

  • Tentukan tema yang diinginkan. Bila Anda ingin tema hangat yang berenergi serta bersahabat berarti menggunakan warna bumi seperti kuning dan jingga. Untuk nuansa tenang dan damai bisa menggunakan warna dingin seperti biru pucat dan hijau. Sedangkan untuk kesan klasik dan elegan, warna yang cocok adalah warna netral seperti abu-abu, kecoklatan, putih gading dan hitam.
  • Namun jangan hanya bergantung kepada tema, lihat juga ukuran ruangan. Menggunakan warna cat dinding yang dingin akan membuat sebuah ruangan terlihat besar sedangkan warna bumi akan membuat ruangan terlihat kecil. Agar seimbang, gabungkan warna dingin atau bumi dengan warna netral.
  • Saat pemilihan warna, perhitungkan juga pencahayaan di dalam ruangan. Pencahayaan dari lampu bisa membuat warna berubah seperti lampu pinjar yang akan membuat warna terlihat kuning. Selain perubahan warna, pencahayaan yang sedikit akan membuat ruangan terlihat sempit apalagi bila menggunakan warna yang gelap.
  • warna cat dindingSesuaikan juga warna cat dinding yang akan dipilih dengan warna furnitur yang ada di dalam ruangan. Memang warna furnitur tidak harus seragam dengan warna dinding tapi minimal warna dinding dan furnitur tidak saling menabrak dan memberikan kesan yang tidak enak dipandang. Coba lihat situs atau majalah interior desain untuk mendapatkan inspirasinya.
  • Jangan hanya terpaku dengan warna dasar  cat dinding saja karena 1 warna dasar masih memiliki banyak pecahan warna lainnya. Contohnya warna dasar kuning masih bisa dibagi menjadi warna Emas, Kuning terang, Lemon Chiffon, Light Goldenrod Yellow, Papaya Whip dan lain-lain. Biasanya toko cat menyediahkan kartu palet warna yang lengkap. Ambil sebagai pertimbangan.

Semoga info ini berguna. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s