8 Fakta Tumor Otak

Tumor otak merupakan tumor yang tumbuh di antara sel otak. Beberapa fakta nyata dari penyakit ini adalah:

  • Tumor ini bisa memiliki sel kanker di dalamnya atau tidak sama sekali. Biasanya tumor yang memiliki sel kanker akan disebut sebagai tumor ganas sedangkan yang tidak memilikinya disebut tumor jinak.
  • Tumor otak akan menyerang siapa saja tanpa melihat umur dan gender. Bagi penyakit ini, semua orang sama saja, tak ada yang namanya pilih kasih atau anak emas.
  • Penyebab penyakit ini masih diteliti hingga sekarang karena para ahli belum menemukan penyebab utamanya. Beberapa ahli memang menyimpulkan bahwa faktor seperti DNA, kecelakaan atau obatlah penyebab munculnya tapi hingga sekarang belum ada bukti konkritnya.
  • Tumor ini dibagi menjadi 4 kelas yaitu stadium 1, 2, 3 dan 4.
  • Tumor otak yang paling banyak menyerang orang dewasa adalah tipe astrocytoma, meningioma dan oligodendroglioma.  Sedangkan yang paling sering menyerang anak-anak adalah tipe medulloblastoma, grade 1 atau 2 astrocytoma, ependymoma dan brain stem glioma.
  • Gejala umum penderitan tumor otak adalah sakit kepala, mati rasa di bagian kaki atau tangan, seizure, bermasalah dalam hal mengingat, modal serta personality yang berubah-ubah, jalan tidak lurus tapi orangnya gak sadar, bermasalah dalam keseimbangan, muntah-muntah, mual, ada keanehan dalam cara berbicara dan mendengar.
  • Jenis pengobatan tumor otak disesuaikan dengan tipe, letak, ukuran dar turmor dan kesehatan fisik pasien.
  • Pengobatan tumor otak biasanya menggunakan 3 cara ini: operasi, terapi radiasi (gamma knife) dan chemotherapy. Gamma knife adalah operasi tanpa pisau bedah alias terapi radiasi yang sudah banyak menyembuhkan penyakit seperti tumor dan kanker otak. Biasanya dokter hanya memilih satu cara pengobatan tumor namun kadang dokter  juga mengkombinasikan 2 cara pengobatan sekaligus.

Semoga info ini membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s