Benarkah Minum Susu Sapi Menggemukan?

Benarkah minum susu sapi menggemukan? Jawabanya pasti sudah tahu “YA” tapi berapa takarannya yang aman? Mungkin beberapa orang berpikir lebih mending jangan minum susu sapi saja atau ganti dengan susu lain. Memang susu lain seperti susu kedelai memiliki kandungan yang hampir sama dengan  susu sapi namun susu sapi memiliki point unggul yang tidak dimiliki susu kacang. Keunggulannya adalah:

  • Mengandung kalsium yang tinggi dimana kalsium ini baik untuk kesehatan tulang dan gigi.
  • Mengandung B12 dalam jumlah banyak yang berperan penting kinerja otak, sistem saraf dan pembentukan darah.
  • Mengandung methionine yang tinggi. Menthionine adalah bagian asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dikarenakan kandungan penting ini, disarankan setiap orang meminum susu sapi terkecuali orang yang alergi ya. Beberapa orang memiliki alergi yang membuatnya tidak bisa mengkonsumsi susu sapi.

Studi Kasus

Studi kasus yang diadakan dengan gabungan Harvard Medical School dan Boston Women’s Hospital menunjukkan bahwa anak-anak dengan umur 9-14 tahun yang mengkonsumsi  3 gelas susu sapi setiap hari bisa mengalami kelebihan berat badan bahkan untuk anak-anak yang mengkonsumsi susu low-fat sekalipun. Studi ini dilakukan pada tahun 2005. Dari studi ini pun dilihat bahwa persentase anak-anak  gemuk yang mengkonsumsi 3 gelas sehari adalah 35% lebih besar daripada anak-anak yang minum susu dengan jumlah 1 atau 2 gelas sehari.

Jadi susu sapi memang mengemukan tapi bia melihat hasil penelitian Harvest, tidak ada salahnya minum susu 3 kali seminggu diikuti dengan makanan sehat dan olahraga pastinya tidak akan menggemukan. Apalagi susu sapi banyak manfaatnya. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s