Membawa Hewan Peliharaan Ke Bali

Pet relocation menjadi kegiatan wajib bagi para pencinta hewan peliharaan. Kebanyakan pemilik peliharaan akan membawa kemana saja sekalipun mereka pergi berlibur. Salah satu tujuan liburan yang menjadi incaran adalah pulau dewata, Bali. Kota Bali termasuk salah satu kota yang memiliki peraturan ketat mengenai hewan peliharaan.

Agar pet relocation ke kota Bali lancar, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Mintalah atau beli formulir untuk surat kesehatan khusus untuk negara Indonesia-Bali, surat penyataan vaksinasi rabies, surat impor (bila dari luar Indonesia), surat transport hewan peliharaan dengan pesawat dan paspor hewan peliharaan (biasanya sebuah jasa pet relocation memiliki fomulir ini, Anda bisa membelinya langsung dengan mereka bila Anda ingin melakukannya perpindahan sendiri) 2 bulan sebelumnya.
  2. Bawa hewan peliharaan Anda beserta fomulir vaksinasi ke dokter hewan untuk memeriksa kesehatan.  Minta dibuatkan sertifikat kesehatan.
  3. pet relocation baliMintalah dokter memberikan vaksinasi rabies setelah pengecekan kesehetan selesai. Jangan lupa meminta dia mengisi fomulir vaksinasi Anda. Pastikan dokternya mengisinya dengar benar. Sekalian minta vaccine booknya. Kalau perlu katakana padanya bahwa Anda ingin melakukan pet relocation ke luar negeri, biasanya mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan.
  4. Dapatkan microchip untuk hewan peliharaan Anda. Microchip yang sesuai aturan adalah ISO Standard 11784 atau Annex A to ISO Standard 11785. Bila sudah ada berarti gak usah.
  5. Isi surat import yang sudah beli secara lengkap. Masukan kedalam amplop beserta dengan fotokopi (salinan) sertifikat kesehatan, vaccine book dan fomulir vaksinasinya.  Tuliskan pada amplop alamat lengkap Departemen Pertanian Indonesia. Anda setidaknya harus menunggu 1 bulannan untuk mendapatkan persetujuan dari Indonesia. Bila sudah lewat sebulan Anda belum menerima balasan, saatnya menggunakan email atau telp.
  6. Jangan lupa mengurus passport hewan peliharaan dan surat izin dari negara Anda sendiri.  Surat izin dari setiap negara berbeda-beda jadi carilah info detailnya.
  7. Pelajari juga surat yang dibutuhkan oleh maskapai yang Anda tumpangin.
  8. Perlu diingat, Indonesia memiliki peraturan yang ketat akan pet relocation terutama dari negaran yang tidak bebas dari penyakit rabies. Australia, United Kingdom (Inggris) dab Japan merupakan negra yang bebas rabies sehingga lebih gampang masuk. Bila bukan dari 3 negara tersebut maka hewan peliharaan Anda harus di karantina selama 14 hari sebelum memasuki Indonesia.

Agar pet relocation yang Anda lakukan lancar, jangan pernah berpikir melanggar satu aturanpun. Jika Anda merasa ribet, Anda bisa menggunakan jasa pet relocation terdekat. Pilihlah jasa pet relocation yang sudah terpecaya karena hewan peliharaan Anda adalah makhluk hidup bukan benda mati. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s