Meningkatkan Asi Dengan Istirahat

Tidak ada  ibu yang tidak ingin anaknya sehat. Demi hal tersebut para ibu selalu mencari cara agar bisa meningkatkan asi karena asi adalah makanan wajib untuk para bayi yang baru lahir. Asi mengandung semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi agar bisa tumbuh sehat. Asi juga membantu bayi membentuk daya tahan tubuh yang dapat digunakan untuk melawan berbagai penyakit dan alergi.

Banyak orang sudah menjelaskan panjang lebar makanan-makanan apa saja yang bisa meningkatkan asi. Memang makanan-makanan yang sehat seperti kacang-kacangan, daging, buah serta sayur segar bisa meningkatkan asi, namun jangan lupa juga istirahat. Istirahat terdengar sepele tapi memiliki dampak yang besar dalam proses meningkatkan asi.

Istirahat merupakan kegiatan yang dilakukan manusia pada umumnya dengan beristirahat, seseorang membiarkan semua tubuh melepaskan lelah serta membiarkan organ seperti lambung, susu dan lainnya untuk melakukan perkerjaannya. Akibat tidur yang kurang akan menyebabkan seseorang mengalami:

  • istirahatEmosi yang tidak stabil atau moody
  • Tidak bisa membuang kotoran yang ada dalam tubuh secara baik
  • Percernaan terganggu
  • Kinerja organ bagian dalam terganggu
  • Daya tahan tubuh turun sehingga mudah sakit dan gampang kelelahan
  • Tidak fokus atau daya kosentrasi menurun

Bayangkan bila akibat kurang tidur di atas terjadi pada seorang ibu yang baru melahirkan dan harus menyusui? Biarpun dia mengkonsumsi berbagai makanan sehat untuk meningkatkan asi tapi bila tubuhnya tidak bisa menerima atau memproses makanan tersebut berarti sama saja melakukan pekerjaan yang sia-sia.

Ketika tubuh bisa menyerap dengan baik karena istirahatnya cukup, walaupun makan seadanya tetap bisa membantu ibu meningkatkan asi karena tubuh bisa memproses makanan tersebut dengan baik dan maksimal. Ada baiknya keluarga atau suami membantu istri agar dia bisa mendapat istirahat yang tepat. Bila anak sering rewel pas malam, jangan biarkan dia tidur siang terlalu lama. Ada baiknya konsultan dengan dokter untuk menemukan cara tepat agar anak tidak bangun  di malam hari. Semoga berguna –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s