Persaingan Toko Online & Offline di Amerika

Di Amerika, bisnis toko online boleh dibilang sudah menjadi hal yang biasa. Disana toko online tidka hanya menjual baju dan aksesoris saja tetapi juga kebutuhan sehari-hari. Semakin beragam barang yang ditawarkan toko online  semakin banyak orang lebih memilih  belanja online daripada offline.

Boleh dibilang sekarang sudah banyak penduduk Amerika lebih memilih belanja online daripada offline. Bahkan beberapa orang pergi ke toko offline  hanya untuk mengecek barang agar mereka tidak salah ketika membelinya di toko online.

Hal ini tentu sangat menrugikan toko-toko offline Amerika. Untuk menarik para fans belanja online kembali ke toko mereka, mereka mencoba beberapa strategi. Berikut strategi yang digunakan:

  • Membuat website sebagai perpanjangan tangan (toko online) dimana pembeli bisa memilih dan memesan barang. Namun barangnya diambil sendiri oleh pembeli di tokonya yang lokasinya dekat pembeli untuk menghemat biaya kirim yang mahal. Misalnya seseorang belanja online di website MN, dia bisa mengambilnya di toko offline MN yang ada disekitarnya.
  • Meningkatkan servis purna jual. Beberapa toko elektronik, mebel, gadget, mobil dan motor memberikan layanan panggil untuk servis purna jual sehingga pembeli tidak perlu membawa barang yang perlu diperbaiki ke toko.
  • Servis baru yaitu tinggal, bayar dan ambil. Servis ini membuat para pembeli bisa meninggalkan list belanja mereka lalu membayar dan mengambilnya ketika barang sudah disiapkan oleh pelayan toko.
  • Beberapa toko bahkan memberikan layanan antar barang belanjaan yang sudah dipesan. Tentu saja area antarannya dibatasin. Kan gak mungkin mengantar barang  dari Kansas ke Neywork.
  • Strategi – strategi ini berhasil diciptakan karena mereka tahu bahwa dalam dunia bisnis yang terus berkembang ini tidak boleh melawan arus tetapi arus tersebut harus dirangkul. Strategi di atas ini boleh dibilang berhasil karena penjualan mereka semakin meningkat.

Tentu saja toko – toko online Amerika seperti Amazon tidak tinggal diam. Toko di dunia online bisa hidup karena kegiatan belanja online. Amazon bahkan meluncurkan servis pengiriman gratis untuk Amerika.

Semoga informasi ini membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s