Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan jaminan masa depan karena Anda dan saya tidak tahu kapan akan sakit atau kecelakaan.  Asuransi ini menjamin bahwa nantinya Anda akan memiliki uang untuk berobat. Asuransi kesehatan berguna sebagi jaminan itu. Melihat besarnya manfaat asuransi ini, Pemerintah bahkan sudah menetapkan bahwa sekitar 70%  dari masyarakat Indonesia harus sudah memiliki asuransi ini setidaknya tahun 2 tahun lagi dari tahun 2012 (2014).

Dikarena kebutuhan asuransi kesehatan yang terus bertambah, banyak badan usaha yang mulai ikut menjual jasa ini. Tidak hanya PT (perseroan) saja, bahkan bank pun menawarkan jasa yang sama. Semakin banyak badan usaha yang menawarkan jasa yang sama semakin membuat orang bingung jasa mana yang harus dipilih.

Cara Memilih Asuransi Kesehatan

Berikut bebrapa pertanyaan yang bisa digunakan saat memilih asuransi agar Anda bisa mendapatkan asuransi yang tepat:

  1. Berapa biaya premi yang harus dibayar?
  2. Apakah jumlah premi yang dibayar bisa berubah sewaktu-waktu?
  3. Berapa besar biaya yang akan dibayarkan asuransi kesehatan ketika sakit, kecelakaan atau mati?
  4. Ketika Anda sakit atau kecelakaan, kapan pihak asuransi akan mengantinya? (ada baiknya ini Anda tanyakan bukan hanya pada salenya saja tetapi kepada manajer dan direktur. Lebih baik lagi meminta mereka membuat surat penyataan yang disertai dengan tanda tangan, nama asli dan cap perusahaan untuk amannya)
  5. Berapa banyak jumlah penyakit yang ditanggung?
  6. Apakah ada perngecualian dari setiap penyakit tersebut? (bila Asuransi menanggung 7 penyakit, tanyakan satu persatu pengecualiannya)
  7. Berapa lama premi harus dibayar?

Di atas adalah 7 pertanyaan dasar, Anda bisa menambahkan berbagai pertanyaan ketika meragukan pernjelasan pihak asuransi kesehatan. Perlu diingat ini masalah uang dan hidup, jadi bandingkan servis  dan jawaban dari satu asuransi dengan asuransi lain hingga Anda menemukan asuransi yang tepat. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s