Tanda Awal Anda Menderita Tumor Otak

Tumor otak merupakan tumor yang tumbuh di otak. Tumor yang tubuh bisa berupa tumor ganas (bersel kanker) dan jinak (tidak ada sel kanker). Beberapa orang yang menderita tumor emang tidak menunjukan gejala awal sama sekali tetapi ada juga penderita menunjukan gejala awal.  Berikut ini gejala paliang umum yang digunakan untuk mengentifikasi apakah seseorang menderita tumor otak atau tidak:

  • Sakit kepala yang terus menyerang Anda dalam kurung waktu yang berdekatan (contoh: dua hari sekali pasti sakit kepala).
  • Sering merasa kelelahan biarpun sebenarnya Anda tidak melakukan hal-hal yang berat.
  • Mengalami kesulitan dalam berjalan baik sadar maupun tidak. Contoh yang paling banyak terjadi adalah- merasa jalan lurus dan seimbang namun orang lain melihat Anda berjalan simpang siur namun Anda tidak menyadarinya.
  • Sering terserang kejang tiba-tiba. Kejang yang semakin parah bisa membuat Anda kehilangan kesadaran karena kelelahan.
  • Emosi dan memori yang cepat berubah-ubah. Kebanyakan penderita tumor otak mengalami masalah dalam mengingat sesuatu.
  • Penderita tumor otak juga sering merasa mual dan muntah – muntah terutama di pagi hari.
  • Mengalami masalah dengan penglihatan seperti kehilangan  kemampuan untuk melihat atau terjadinya peripheral vision (perlihatan ganda)
  • Kesulitan dalam mengerakan bagian tubuh dan berbicara.

Sebenarnya gejala awal yang ditunjukan belum tentu berasal dari penyakit tumor otak karena banyak penyakit lain yang juga memiliki gejala yang sama.  Untuk lebih pastinya, Anda disarankan menggunjungi rumah sakit dan memeriksakan diri Anda. Ada baiknya melakukan cek up secara rutin misalnya 1 -3 tahun sekali. –hm-

2 pemikiran pada “Tanda Awal Anda Menderita Tumor Otak

  1. Saya sedikit share… saya mengalami sakit kepala secara terus menerus beberapa hari belakangan. kadang pada kepala bagian depan atau migrain, kalau sudah sakit datang.. saya merasa mual seperti penuh diuluhati. tiap saya merasa sedikit emosi atau tegang, pasti selalu migrain. saya pun mudah lelah, padahal saya tidak mengerjakan hal2 yg terlalu berat. saya juga sempat beberapa hari lalu mengalami kaku pada rahang bagian kanan selama kurang lebih 3hari. melihat garis2 atau kotak2 saya merasa mual dan mau jatuh. apakah ini tanda2 kanker otak? saya belum cukup memiliki keberanian untuk periksa. karena takut dg diagnosa dokter.

    • Saran dari saya sih, periksa ke dokter karena memang tumor maupun kanker otak memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit lainnya. Lebih baik memeriksakannya dan mendapatkan hasilnya dari seorang ahli. Daripada menerka-nerka sendiri dan nanti salah memilih cara pengobatan, hanya akan memperburuk keadaan.

      Lebih baik lagi, bila pemeriksaan dilakukan di 2- 3 rumah sakit dengan dokter berbeda – agar hasilnya pasti karena bisa saja diagnosis satu dokter atau rumah sakit dengan yang lainnya berbeda-beda.
      semoga membantu kak🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s