Mempelajari Sejarah Hidroterapi

Hidroterapi merupakan sebuah pengobatan yang menggunakan air. Hidroterapi bisa dilakukan melalui luar maupun dari dalam tubuh.  Pengobatan dari luar menggunkan hidroterapi mengcakup semua kegiatan medis yang berhubungan dengan air seperti mengompres, berendam, mandi uap serta melahirkan didalam air. Sedangkan pengobatan hidroterapi dari dalam bisa berupa mengkonsumsi air agar tidak dehidrasi atau menggunakan infus (IV). Manfaat terapi ini sangat banyak dan salah satunya adalah merendahkan nyeri sendi.

tidur dan air hangat untuk nyeri sendiSejarah Hidroterapi

Sejarah hidroterapi sudah ada sejak lama dan dilakukan oleh berbagai suku. Yunani kuno emang sudah mulai menggunakan air sebagai alat penyembuh. Sedangkan bangsa Romawi dan Turki menggunakan permandian (berendam) untuk melepaskan rasa lelah dan pengap setelah seharian bekerja.

Beberapa cara pengobatan Native Amerika menggunakan keringat. Keringat dianggap sebagai bentuk pembersihan tubuh dari toxin. Anggapan ini juga yang diterapkan oleh rumah sauna Scandinavian. Bahkan beberapa mata air panas alami yang biasanya digunakan oleh para Native Amerika telah diubah menjadi resort yang sangat populer sekarang untuk menyembuhkan rematik, nyeri sendi serta kelelahan. Resort permandian air panas ini terkenal setalah Presiden Franklin D. Roosevelt menggunakan salahs atu resort tersebut.

Sejarah Awal Hidroterapi Modern

Pegunaan hidroterapi secara modern sebenarnya terinspirasi oleh Vincenz Priessnitz, dia adalah seorang petani di Grafenberg, Austrian Silesia. Priessnitz pada semasa hidupnya menekankan bahwa pengobatan yang baik adalah melalui makanan, olahraga, udara segar, istirahat dan air. Oleh karena kepercayaan ini, dia juga dikenal sebagai peletak dasar Nature Cure.

Teknik yang dikembangkan Priessnitz emang terlihat aneh pada saat itu pasalnya terapi yang dia terapkan menggunakan air dingin, dia juga meminta pasiennya berkerja dan berjalan dengan telajan kaki dirumput. Oleh karena itu tidak heran bila banyak rumor yang menganggap dia sebagai dokter palsu. Namun rumor tersebut redah setelah kekaisaran memperbolahkan dia membangun sebuah tempat spa. 1 tahun kemudian setidaknya ada 1500 pasien yang datang termasuk didalamnya 22 pangeran serta 149 counts dan countesses. Dia mendapatkan sebuah mendali setelah tempat spa tersebut memperlihatkan nilainya sebagai rumah istirahat yang bisa menyembuhkan banyak penyakit baik itu nyeri sendi, rematik, pusing, obesitas dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s