Green Data Center Pertama Indonesia

green data centerGreen data center merupakan istilah khusus untuk menyebut sebuah fasilitas penyimpanan data yang dapat meminimalis pembuangan limbah serta penggunaan energi yang dapat habis sewaktu-waktu seperti listrik, minyak tanah, batu bara dan lainnya. Boleh dibilang data center yang dilabel ‘green’ – ramah lingkungan sudah bermunculan dimana – mana. Sumber energi alternative yang ‘green’ pun sudah banyak ditemukan. Hingga sekarang sumber energy alternatif yang biasa digunakan adalah angin, air, panas bumi dan matahari.

Green data center Indonesia yang dinamai Data Center Technovillage merupakan data center ramah lingkungan tier 3 pertama di Indonesia. Pelopor pembangunannya adalah Biznet, salah satu perusahaan telekomunikasi dan multimedia yang terus menerus berkembang. Data center ramah lingkungan ini  diluncurkan sebagai data center ke-2 Biznet dan green data center pertama di Indonesia.

Alasan Technovillage Disebut Green Data Center

Berikut ini beberapa alasan yang membuat Technovillage dapat dikategorikan sebagai fasilitas penyimpanan data yang ramah lingkungan:

  • Tidak menggunakan karpet sebagai pelapis lantai.
  • Menggunakan kayu palet untuk bahan baku mebel / furniture. Palet kayu dapat cepat diperbaiki tanpa perlu mengganti seluruh bagian selai itu palet kayu dapat menanhan beban yang berat sehingga tidak cepat rusak.
  • Menggunakan bola lampu LED yang dapat meminimalis penggunaan sumber energi listrik.
  • Memakai DRUPS (Dynamic Rotary Uninterruptible Power Supply). DRUPS  memberikan 100% backup power tanpa menggunakan bahan timbal (Pb) yang biasa ditemukan pada baterai sehingga meminimalis pembuangan limbah.
  • Menanam berbagai pohon di sekitar bagunan dan merawatnya.

Semoga artikel green data center pertama Indonesia berguna. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s