Bank Mandiri Belum Bisa Beroperasi di Malaysia

bank mandiriSetelah berhasil membangun cabang di Shanghai, sekarang Bank Mandiri sedang berusaha mengoperasikan cabang Bank Mandiri di Malaysia. Namun berdasarkan berita yang diterbitkan Kompas Online pada tanggal 19 Desember 2012 (Rabu), Bank Sentarl Malaysia belum bisa memberikan izin bagi Bank Mandiri untuk beroperasi secara penuh di Malaysia.

Menurut Gubernur BNM Zeti Akhatr Aziz, pengeluaran izin ini belum bisa dilakukan karena Bank Mandiri masih belum memenuhi semua kriteria sebagai bank asing yang dapat beroperasi di Malaysia.  BHM emang memiliki peraturan yang ketat bagi bank asing dan salah satunya adalah bank asing harus memenuhi semua kriteria / syarat yang sudah ada. Beberapa contoh syarat yang ditetapkan BNM bagi bank asing adalah

  • Membangun anak usaha dengan modal paling dikitnya adalah 300 juta ringgit atau 900 milliar rupiah
  • Kantor cabang dari bank asing hanya bisa dibangun di daerah-daerah tertentu alias tidak boleh sembarangan dibangun

Pihak Mandiri merasa keberatan untuk 2 syarat di atas dan telah menggirimkan setidaknya 3 surat pengajuan. Sambil menunggu persetujua dari pihak BNM, Bank Mandiri hanya bisa melakukan tugasnya seperti biasa di Malaysia yaitu sebagai Bank yang mengurus hal remitansi. Berarti Bank Mandiri sekarang ini hanya melayani transaksi pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia atau Indonesia ke Malaysia. Layanan ini kebanyakan digunakan oleh TKI yang berkerja di Malaysia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s