Tukar Senjata Api Dengan Voucher Belanja

Voucher belanja merupakan salah satu pelayanan yang ditawarkan oleh supermarket besar seperti Carrefour. Untuk kategori supermarket, Carrefour boleh dibilang satu-satunya yang memberikan voucher belanja di Indonesia. Kalau diluar negeri sih banyak bahkan salah satu negara bagian Amerika Serikat yaitu Lon Angeles, California mengadakan acara menukar senjata api dengan voucher belanja.

Boleh dibilang Amerika merupakan negara yang sangat bebas bahkan warganya diperbolehkan membeli dan memiliki senjata api. Tentu saja tidak semua jenis senjata api legal. Bahkan sakin bebasnya, senjata api menjadi kado natal yang paling dinantikan. Beberapa produsen senjata api mengatakan bahwa permintaan senjata api dan peluru akan semakin meningkat ketika mendekati natal.

tukar senjata api dengan voucher belanjaMelihat banyaknya kasus penembakan termasuk tragedi Newtown dimana Adam Lanza membunuh 27 orang dewasa dan anak-anak di sebuah sekolah. Antonio Villaraigosa sebagai Walikota Log Angeles memajukan jadwal penukaran senjata api dengan voucher belanja. Pada awalnya, acara ini direncanakan pada bulan Mei. Acara penukaran ini berbeda dengan tahun lalu karena di acara tahun ini, pemilik senjata tidak akan ditanyai alasan kepemilikan dan darimana mereka mendapat senjata api tersebut.

Voucher belanja yang akan diberikan terbagi menjadi 2 jenis disesuaikan dengan tipe senjata api yang ditukarkan:

  • Voucher belanja senilai 100 dollar AS dapat ditukar dengan senjata api biasa
  • Penukaran senjata api otomatis akan mendapatkan voucher belanja sebesar 200 dollar AS

Menurut Rudy Lopez, poliso dari Kepolisian Los Angeles; acara tahun ini bisa dibilang lebih berhasil daripada tahun lalu. Senjata api yang berhasil dikumpulkan ada 1.061 pucuk. Bahkan Kepolisian kehabisan voucher untuk dibagikan karena Kepolisian tidak memperkirakan akan sebanyak ini.

Cara pengurangan senjata api yang bisa dibilang halus dan tidak memaksa. Malahan warga yang menyerahkan tidak akan ditanyai dan diberikan voucher untuk membeli keperluan hidup. Semoga makin banyak negara bagian Amerika yang menerapkan atau terinspirasi dengan cara ini agar semakin menurun tingkat pembunuhan karena senjata api.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s