Pet Relocation Ke Jepang

pet relocation ke JepangJepang merupakan tempat yang cocok untuk hidup dengan hewan peliharaan karena banyaknya fasilitas yang mempermudah hidup pemilik dan hewan peliharaannya. Namun melakukan pet relocation ke Jepang tidaklah gampang karena Jepang terkenal sebagai negara yang ketat akan peraturan pet shipping.

Negara kimono dan samurai ini memiliki 4 pulau utama yaitu Hokkaido, Kyushu, Honshu dan Shikoku. Dari ke-4 pulau ini, Honshu. Hokkaido merupakan pulau yang paling tidak panas jadi tidak heran bila orang yang sudah lama tinggal di Hokkaido akan merasa sangat menderita ketika mereka liburan musim panas ke pulau lain. Musim yang dialami negara Jepang agak sedikit berbeda dengan Indonesia karena mereka memiliki 4 musim; musim semi, panas, gugur dan dingin.Di setiap musim ini ada saja festival yang diadakan (Tempat yang sangat cocok untuk belibur).

Bagi Anda ingin pergi ke Jepang dengan membawa hewan peliharaan, ada baiknya Anda mengetahui peraturan pet relocation service di Jepang . Berikut peraturan pemindahan hewan peliharaan ke Jepang yang bisa dijadikan reverensi walaupun ada baiknya lagi Anda melakukan pengecekan kembali dengan servis pet transport atau embassy Jepang karena ditakutkan ada perubahan peraturan tiba-tiba:

  • Pastikan hewan peliharaan Anda (kucing, anjing atau lainnya) sudah diimplementasikan dengan microchip identifikasi sebelum divaksin rabies.
  • Lakukan vaksin rabies 2 kali. Vaksin pertama diberikan ketika hewan peliharaan sudah berumur 90 hari. Sedangklan vaksin ke-2 harus dibelikan tidak lebih dari 1 tahun sebelum perjalanan.
  • Lakukan tes darah setelah hewan peliharaan sudah diberi vaksin rabies ke dua kalinya.
  • Buat surat pemberitahuan pet transportasi yang harus dikirimkan ke AQS, 40 hari sebelum kedatangan. Form pemberitahuan dapat didownload langsung di website AQS. Bila Anda diberikan izin, biasanya AQS akan mengirimkan surat notifikasi lanjut.
  • Hewan peliharaan harus tinggal setidaknya 180 hari di negara pemiliknya (pengekspor) dan tidak lebih dari 2 tahun setelah tanggal pengambilan sampel darah.
  • Persiapkan dokumen penting yang akan diserahkan kepada AQS ketika Anda tiba. Dokumen yang perlu disiapkan adalah 2 sertifikat vaksin rabies, surat notofikasi lanjut dari AQS, form aplikasi karantina import dari AQS. (*)

Menggunakan Kargo

Jika seandainya pengiriman pet Anda membutuhkan kargo tanpa pendamping maka ada peraturan pet transport lainnya yang Anda harus dipatuhi:

  • Serahkan dokumen yang sama dengan dokumen yang harus diserahkan ke AQS (*).
  • Pemilik hewan peliharaan tidak perlu hadir dalam rangka mengajukan permohonan untuk pemeriksaan karantina. Biasanya ada wakil yang akan melakukannya.
  • Biaya untuk layanan karantina di bandara Narita sekitar JPY 3.000 atau lebih (gak tahu udah naik atau belum). Biaya ini tergantung berapa hari dikarantinakan, perawatan dan makanannya. Untuk informasi lanjut mengenai karantina, Anda bisa menghubungi Animal Quaratine Office Narita di +81-476-32-6664; fax +81-476-30-3011.

Biasanya ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan seperti biaya transportasi (biaya kapal / pesawat), bea cukai, biaya layanan perwalian dan biaya lain yang muncul tiba-tiba.Perlu diingat bahwa pet transport menggunakan kargo membutuhkan waktu dan biaya yang lebih banyak. Jadi jangan lupa pastikan pesawat yang akan Anda gunakan memang menyediahkan jasa membawa hewan peliharaan kalau tidak, Anda harus menggunakan kargo. Sumber utama artikel ini adalah situs luar negeri yang bernama petrelocation. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s