Menghilangkan Karat Pada Mobil

Di musim hujan dan banjir ini, masalah yang harus dihadapi oleh para pemilik mobil adalah karat mobil. Hujan dan genangan air tidak hanya bisa membuat mesin mobil mati tetapi juga menyebabkan masalah yang berkepanjangan.  Ketika sedikit saja, Anda langah dalam merawat mobil dan melakukan pelapisan anti karat akan membuat mobil Anda lebih cepat berkarat.

Ketika karat sudah muncul pada  body mobil, apa yang harus dilakukan? Berikut ini tahap untuk menghilangkan karat mobil :

  • Persiapkan sarung tangan karat, kacamata khusus untuk mengecat (safety glasses) dan masker. Jangan memilih masker yang biasa tetapi beli masker yang emang bisa mencegah debu dan sebuk besi masuk kedalam paru-paru Anda.
  • Lapisi daerah sekitar mobil dengan koran agar ruangan garasi Anda tidak kotor.
  • karat mobilTutupi sekeliling bagian yang tidak berkarat dengan terpal / plastik. Jangan menempelnya dengan selotip biasa tetapi gunakan selotip khusus yang dibuat untuk pelukis. Hati-hati saat menutupi bagian sekeliling karat mobil, pastikan Anda tidak sembarangan. Ikuti alur body mobil.
  • Hapus cat disekitar karat dengan menggunakan DA (dual action) sander. DA sander mempermudah Anda  untuk menghapus cat yang dekat dengan karat. Selain digunakan untuk menghapus cat, DA juga dapat membantu menghilangkan karta  yang belum menyatuh dengan logam.
  • Kemudian berahli ke metal grinding wheel untuk menghilangkan karat yang sudah menempel. Lakukan secara perlahan karena bila tergesa-gesa, Anda hanya akan merusak mobil Anda.
  • Gunakan cairan penghilang karat pada daerah karat mobil untuk menghilangkan partikel mikroskopi. Cairan penghilang karat ini bisa ditemukan di toko perawatan mobil atau bengkel yang menjual produk perawatan mobil.
  • Lakukan pengamplasan dengan tangan. Pengamplasan dilakukan untuk mendapatkan permukaan logam yang mulus seperti baru.
  • Bersihkan area yang sudah diamplas dengan lap. Pastikan tidak ada setitik debu pun ada dipermukaan. Kemudian gunakan pelapis khusus untuk logam. Semprotkan pelapis dengan merata. Disarankan untuk melapisinya sebanyak tiga kali. Semprotan pertama, kedua dan ketiga harus ada interval waktunya (ada jarak beberapa menit dari semprotan pertama, kedua dan ketiga). Kemudian biarkan selama kurang lebih 12 jam agar pelapis kering.
  • Setelah kering, amplas kembali bagian yang sudah disemprot pelapis. Gunakan amplas 400 basah yang memang khusus dibuat untuk mengamplas body mobil yang sudah dilapisi dan dicat. Cuci daeerah yang diamplas dengan air sabun ringan. Kemudian bilas dan keringkan dengan kain.
  • Semprot cat secara tipis secara perlahan. Semprotkan hingga warnanya sama dengan warna cat pada bagian lain body mobil. Polis setiao sisi cat baru agar menyatu dengan cat lama pada bagian lain body mobil.

Cara di atas bisa dilakukan sendiri. Namun untuk menghemat waktu dan mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa menggunakan jasa professional. Semua keputusan ada ditangan Anda. Bila ada tambahan dan perbaikan, silakan memasukannya di komentar. Terima kasih -hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s