Sejarah Sistem Akuntansi Kuno

Sejak zaman kuno ternyata sistem akuntansi sudah ada walupun boleh dibilang sistem ini masih sangat sederhana ( tidak seribet sekarang ini, dimana sekarang sudah banyak table). Cara menghitung zaman dulu pun tidak secanggih sekarang. Tidak ada yang namanya Microsoft Excel, kalkukator, pen dan kertas seperti sekarang ini.

Afrika Selatan Kuno

Afrika Selatan ternyata sudah lama memiliki sistem akuntasi. Terbukti ditemukannya ukiran ocher plaque di gua Blombos. Diperkirakan umurnya sekitar 76.000 tahun. Menurut para peneliti tanda-tanda yang ada mungkin digunakan untuk menghitung atau menyimpan informasi. Para peneliti menegaskan bahawa tanda-tanda tersebut terorganisir sangat rapi. Para peneliti mengatakan bahwa tanda-tanda tersebut lebih mewakili informasi daripada hanya sekedar dekorasi ruangan. Ini bisa berarti akutansi sudah ada dan berumur lebih tua daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Mesopotamia Kuno

Catatan akuntansi paling awal ditemukan dalam reruntuhan kuno Babel, Asyur dan Sumeria. Bisa dibilang catatan itu sudah berumur setidaknya 7.000 tahun. Orang-orang pada zaman itu masih bergantung pada metode akuntansi primitive untuk mencatat panen dan ternak. Karena panen dan pertambahan ternak memang terjadi pada musim-musism tertentu sehingga pada saat itu orang menghitung surplus pada masa panen atau ketika hewan disapih.

Iran Kuno

sejarah sistem akuntansi kunoDitemukannya token berbentuk silinder yang terbuat dari tanah liat di ruangan khusus untuk penyimpanan hasil panen di Godin Tepe dan Tepe Yahya. Pembukuan dilakukan di atas script yang terbuat dari tanah liat. Dalam temuan di situs arkeologis Godin Tepe, script yang ditemukan hanya berisikan angka yang disusun dalam table. Sedangkan di situs arkeologis Tepe Yahya, ditemukan script yang juga berisikan grafis.

Semoga cerita sejarah sistem akuntansi kuno ini membantu. Sumber wikipedia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s