Jamu Atau Racun

Jamu merupakan sesuatu hal yang lumrah ditemukan di Indonesia (Siapa yang gak kenal jamu? Ayo ngaku). Di Indonesia ada jamu pelangsing badan dan kesehatan. Jamu adalah salah satu obat trandisional dari Indonesia.  Sekarang banyak yang menyebutnya sebagai obat herbal karena jamu terbuat dari bahan alami seperti akar, daun, batang,  buah atau bagian tubuh hewan seperti empedu dan tangkur.

Jamu sudah ada sejak dulu (yang pastinya pas tahun1995, tempatku sudah ada  jamu) dan jamu menjadi salah satu produk herbal favorite terutama jamu pelangsing badan yang disukai oleh wanita. Beberapa orang malah mengkonsumsi jamu secara teratur. Akan sangat menakutkan kalau ternyata jamu yang Anda konsumsi berbahaya bagi kesehatan Anda.

Membedakan Jamu Berbahaya dan TidakSalah satu peneliti dari Yayasan Pemberdayaan Kosumen Kesehatan Indonesia (YPKKI), Antoni Tarigan mengatakan kepada Kompas bahwa membedakan jamu alami dengan jamu yang sudah berbahan kimia obat (BKO) memang agak sulit. Menurutnya, para konsumer bisa membedakan jamu yang berbahan kimia dan alami melalui kemasannya. Berikut cara mengetahui jamu berbahan kimia:

  • Biasanya jamu yang berbahaya tidak mungkin diluluskan sehinga nomor izin pada kemasannya palsu.
  • Kebanyakan jamu yang berbahaya memiliki nama aneh seperti Busur Api dan Putri Sakti.
  • Gambar yang terpangpang di kemasan berupa salah satu organ tubuh manusia. Beberapa jamu malahan tertera gambar vulgar dan erotis. Bila ada gambar aneh-aneh berarti jamu berbahaya karena gambar seperti organ, vulgar dan erotis tidak diizinkan.

Untuk lebih amannya lagi, disarankan untuk tidak memilih jamu yang tidak memiliki keterangan dalam bahasa Indonesia karena bila jamu luar yang sudah lulus dari uji coba Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pasti disertai dengan keterangan berbahan Indonesia. Dan pula diingat, jamu itu terbuat dari bahan alami sehingga khasiatnya emang lama terasa oleh tubuh.

Tips Aman Konsumsi Jamu

  • Perhatikan kemasan serta nomor izin bila tidak ada nomor izin serta gambarnya aneh mending urungkan niat membeli jamu tersebut
  • Bacalah komposisinya bila ada komposisi yang aneh disarankan tidak mengkonsumsinya dulu sampai Anda nyakin bahwa jamu itu aman
  • Bila diseduh wanginya seperti bahan kimia, lebih baik tidak diminum
  • Jamu butuh waktu lama baik itu jamu pelangsing badan dan kesehatan sehingga jangan percaya dengan iklan yang menjanjikan waktu singkat
  • Beli dengan pedangan atau supplier yang dapat dipercaya

Semoga artikel kiat membedahkan jamu berbahaya dan tidak. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s