Jangan Salah Membeli Polis Asuransi Jiwa

Polis Asuransi jiwa atau dikenal juga dengan sebutan jaminan hidup ini harus dipilih dengan hati-hati karena ternyata asuransi ini tidak hanya satu jenis.  Setiap jenis polis asuransi jiwa memberikan perlindungan keuangan yang berbeda-beda namun memiliki tujuan yang sama. Tujuan dari jaminan hidup ini adalah Perlindungan uang keluarga. Anda dapat meninggalkan uang yang cukup bagi keluarga setelah Anda meninggal karena sakit atau kecelakaan (tidak ada yang tahu masa depan itu gimana).

Beberapa jenis polis asuransi jiwa adalah

asuransi jiwaJenis polis yang paling dasar nomor pertama dari asuransi ini adalah asuransi jiwa berjangka. Jenis polis ausransi ini memperbolehkan diri Anda sendiri yang menentukan jumlah dan periode polis asuransi Anda. Seandainya tidak terjadi apa-apa sampai akhir periode asuransi, perusahaan asuransi tidak memberikan apa-apa. Dalam jenis polis asuransi ini, Anda dapat menemukan 2 tipe, yaitu:

  • Tipe level-term = merupakan tipe yang cocok untuk perlindungan keuangan keluarga dimana Anda dapat meninggalkan sejumlah uang ketika Anda meninggal. Premi perbulan hingga periode terakhir sama jumlahnya.
  • Tipe decreasing-term = memang cocok juga digunakan untuk perlindungan keuangan keluarga namun asuransi ini lebih banyak digunakan untuk menutupi utang yang berkurang dari waktu ke waktu. Asuransi ini dapat digunakan untuk tujuan perencanaan pajak warisan.

Jenis polis dasar lainnya adalah asuransi jiwa seumur hidup. Seperti namanya, periode asuransi hingga seumur hidup dan hanya berhenti membayar premi ketika Anda sudah meninggal. Jumlah uang yang dikeluarkan untuk jenis polis ini tentu lebih mahal daripada polis asuransi jiwa berjangka. Asuransi ini hanya akan memberikan uang kepada keluarga Anda ketika Anda meninggal dalam jangka waktu tertentu. Asuransi ini sangat berguna untuk menutupi tagihan pajak warisan.

Pilih jenis polis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda ingin asuransi berjangka dimana periode perlindungannya terbatas namun polisnya murah atau asuransi seumur hidup yang periode perlindungannya seumur hidup namun polisnya agak mahal. Atau opsi ke-3 adalah memilih asuransi jiwa yang sudah digambungkan dengan asuransi kesehatan sehingga semuanya tercover baik dari kesehatan dan jiwa Anda.  Semoga artikel jangan salah memilih asuransi jiwa ini dapat membantu Anda. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s