Sepak Bola Dengan Rumput Buatan

Di tahun 2009, pertama kalinya pertandingan merebutkan piala emas Concacaf akan diadakan di atas lapangan rumput buatan. Pertandingan ini dijadwalkan akan diadakan di tanggal 3-26 Juli 2009. Pertandingan perebutan piala emas Concacaf adalah pertandingan sepak bola yang diadakan oleh CONCACAF (Confederation of North, Central American and Caribbena Associantion Football /konferederasi sepak bola Amerika Utara, tengah dan Karibia). Pertandingan sepak bola ini diselengarahkan tidak setiap tahun.

Sejak dimulainya pertandingan sepak bola ini pada tahun 1991, pertandingan selalu dilakukan di lapangan rumput asli. Penggunaan rumput artificial ini dikarenakan rumput sintetis telah disetujui oleh FIFA. Rumput sintetis sangat suka digunakan karena daya tahan yang lebih tinggi daripada rumput asli.

Alecko Eskandarian sebagai striker Chivas USA mengatakan bahwa penggunaan rumput sintetis ini akan membuat para pemain akan mengalami beberapa masalah seperti

  • rumput buatanHarus mengetahu kecepatan pantulan bola karena daya pantul di rumput buatan dan rumput asli berbeda
  • Akan susah melakukan cut pada pemain lain
  • Mengubah arah lari akan lebih sulit terutama ketika lapangan diguyur hujan karena permukaan sintetis akan makin licin
  • Tubuh akan terasa lebih sakit setelah bermain di rumput artificial daripada rumput asli

Walaupun berkata begitu, Alecko Eskandarian menegaskan bahwa ini tidak akan menjadi masalah besar dan dia tidak keberatan bila akan menggunakan rumput buatan. Lagipula katanya, penggunaan rumput ini pun bisa menguntungkan para pemain karena lawan juga akan mengalami kesulitan. Jadi tidak ada masalah.

Dengan adanya pergantian permukaan lapangan sepak bola ini untuk telah diberitakan sehingga para pemain tidak akan kaget ketika mereka datang dan menginjak rumput pada lapangan. Setidaknya pemain memiliki waktu untuk menyesuaikan dirinya dengan lapangan rumput buatan jauh-jauh hari sehingga mereka bisa maksimal di pertandingan piala emas Concacaf. Beberapa pemain yang telah berlatih lama di lapangan rumput sintetis mungkin mendapat keuntungan yang banyak dari perubahan ini.

Meskipun FIFA telah menyetujui penggunaan rumput sintetis untuk kompetisi dan beberapa club sepak bola Eropa juga telah menggunakannya untuk lapangan di pusat perlatihan mereka, Beberapa pertandingan bergensi seperti Wordd Cup dan Euro tidak menggunakannya. Pertandingan FIFA World Cup yang diadakan di atas permukaan rumput buatan pertama kalinya dilakukan pada FIFA World Cup tahun 2010 ynag dilaksanakan di Afrika Selatan.

Artikel Sepak Bola dengan Rumput Buatan ini dibuat berdasarkan artikel di Times New York dan Wikipedia. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s