Kiat Pintar Belanja Hemat

Kedudukan rupiah yang tidak stabil membuat banyak orang harus mengencangkan ikat pingang dengan mengurangi berbagai pengeluaran agar bisa nabung. Tabungan harus ada karena kita tidak tahu kapan kita membutuhkan dana dadakan. Nah masalahnya adalah Gaji tetap tetapi pengeluaran terus meningkat dikarenakan adanya kenaikan harga. Berikut kiat belanja hemat yang tidak akan mencekik leher kita:

  • Kiat Pintar Belanja HematJangan membuang struk belanjaan karena dari struk belajaan, kita bisa membandingkan untuk menemukan harga paling murah. Biasanya produk A murah di Supermaket 1 namun untuk produk B bisa jadi Sumpermarket 3 yang lebih murah. Jadi buatlah daftar harga dan supermarket mana yang lebih murah.
  • Bukalah telinga dan mata untuk mengecek promo. Beberapa supermarket besar di Indonesia seperti Carrefour, Hero, Giant atau Lotte Mart selalu mengupdate promo dan katalog belanjanya. Agar tidak buang-buang waktu, katalog belanja bisa diakses secara online langsung di website masing – masing supermarket.
  • Pada saat promo, saat yang tepat untuk belanja hemat. Pada saat ada promo murah, kita bisa membeli barang tersebut untuk stok agar bulan depan kita tidak perlu beli lagi. Namun diingat pas promo, kita tetap harus melihat supermarket lain. Mungkin saja supermarket lain juga menawarkan promo untuk barang yang sama namun harganya lebih murah.
  • Sekali belanja langsung belanja untuk stok 1 minggu, 2 bulan atau lebih (Maksimal 4 bulan kalau untuk peralatan mandi sedangkan untuk buah dan sayur maksimal 1 minggu). Hal ini dilakukan untuk menekan biaya yang dibutuhkan untuk pulang pergi daru supermarket dan rumah.
  • Untuk sayur dan buah bisa dibeli dipasar tradisional. Pasar tradisional menawarkan lebih banyak pilihan serta kita bisa menawar harga. Harga sayur dan buah memang biasanya lebih murah di pasar tradisional daripada supermarket.
  • Tidak ada salahnya menggunakan kartu kredit yang menawarkan diskon tambahan atau cashback. Namun berhati-hatilah menggunakan kartu kredit. Pandai-pandailah memilih kartu kredit yang tepat dan sesuai dengan moto belanja hemat yang sedang dilakukan. Jangan sampai keblablasan dalam menggunakan kartu kredit.
  • Saat sebelum belanja, buatlah daftar barang-barang yang memang dibutuhkan agar nantinya kita fokus saat belanja dan tidak gatal untuk membeli barang lain. Ingat hanya beli yang benar-benar dibutuhkan.
  • Lebih baik membeli bahan makanan dan memasaknya sendiri daripada membeli makanan jadi karena makanan jadi lebih mahal harganya. Jika seandainya, kita hanya sendiri masih bolehlah membeli makanan jadi.
  • Setiap barang pastinya ada kemasan kecil dan besar. Untuk beberapa barang, kemasan besar memang harganya lebih murah. Tetapi ada juga kemasan kecil yang ternyata kalau dihitung-hitung lebih baik membeli banyakan kemasan kecil daripada satu kemasan besar. Jadi perhitungkan dulu baru milih beli kemasan kecil atau besar.

Semoga artikel kiat pintar belanja hemat membantu. Salam –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s