Melatih Petugas Kasir Dengan Baik

Program kasir yang biasanya digunakan petugas kasir adalah Point of Sales. Program ini membantu pekerjaan kasir. Kasir merupakan pekerjaan penting karena mereka harus mengumpulkan pembayaran dari setiap konsumer, scan barang berlanjaan, menghitung jumlah pembelian dari konsumer, mengantongi barang dengan rapi dan memastikan uang di laci cukup. Hal yang tidak kalah penting dari seorang kasir adalah dia harus terus menerus ramah kepada konsumer hingga shiftnya berakhir.

Untuk mendapatkan kasir yang bisa mengerjakan semua hal tersebut tentu tidaklah gampang. Kita harus bisa melatih mereka. Latihan pertama yang bisa kita lakukan adalah mengajarkan cara menggunakan program kasir atau point of sales karena itu adalah hal yang pertama dan terutama. Setelah itu skill lain seperti kecepatan membungkus barang belanjaan, senyum, ramah, cara menyapa pelanggan dan lainnya juga jangan lupa diajarkan. Untuk kecepatan menangani pelanggan dan menggunakan program kasir akan semakin terasa ketika langsung praktek jadi jangan harap setelah 1-2 perlatihan penggunaan program kasir, para pekerja kita sudah bisa dengan gesit mengutak-gatiknya. Yang pasti mereka tahu dulu cara penggunaan program tersebut dan melayani pelanggan dengan baik.

programkasir

Kiat Perlatihan Kasir

  • Pada saat training, diharapkan kita juga membawa kasir senior lainnya untuk membimbing serta mengawasi petugas kasir baru sehingga ketika kita menjelaskan di depan, kasir senior akan menjelaskan ke kasir baru ketika mereka mengalami kesalahan. Ini untuk penghematan waktu serta menjaga agar ketika kelas belajar bisa berjalan dengan mulus dan disiplin.
  • Ajaran pertama tentu cara penggunaan program kasir. Jelaskan dengan kata-kata yang mudah dipahami dan bila bisa langkukan praktek langsung jangan hanya teori. Praktek langsung lebih cepat diingat daripada menghafal teori.
  • Jangan lupa mengajarkan mereka gimana cara mengecek uang palsu agar mereka bisa menghindari penipuan dan usaha kita tidak akan merugi karena pembeli curang.
  • Agar para petugas kasir bisa cepat, kita bisa meminta senior kasir atau diri sendiri melakukan demo cara mengerjakan tugas kasir dengan cepat dan efisiensi; entah itu cara membungkus belanjaan, menggunakan program kasir, mengembalikan uang dan lainnya.
  • Selain skill menggunakan program kasir memang penting tetapi hal lain yang tidak kala penting adalah cara melayani konsumer dengan ramah tama dan senyuman tulus.

Semoga artikel melatih petugas kasir ini dapat membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s