KPR Multiguna dan Kredit Multiguna

KPR multiguna adalah kredit dimana peminjam perlu menggunakan rumah, apartemen atau ruko sebagai jaminan. Pinjaman yang telah disetujui dapat digunakan untuk  berbagai kebutuhan seperti renovasi rumah, biaya perjalanan, pembelian perabot, biaya pernikahan dan kebutuhan lainnya. Dan pengertian kredit multiguna adalah pinjaman dari lembaga keuangan yang digunakan untuk berbagai kebutuhan

Banyak orang menganggap KPR Multiguna dan kredit multiguna itu sama padahal sebenarnya kedua sistem pinjaman ini berbeda. Bila dicek pengertian ke dua jenis peminjaman ini juga sudah kelihatan bedanya walaupun dikit. Untuk KPR multiguna, peminjam wajib memberikan jaminan berupa rumah pribadi, apartemen atau ruko. Sedangkan jaminan pada kredit multiguna ditentukan seberapa besar pinjaman yang diperlukan serta kesepakatan antara peminjam dan lembaga keuangan. Selain perbedaan tentu ada kesamaan. Kesamaan dari mereka dalah sama-sama bisa digunakan untuk kebutuhan hidup serta konsumtif.

Persyaratan KPR Multiguna dan Kredit Multiguna

Kemiripan lainnya adalah persyaratannya. Biasanya ke-dua kredit ini memiliki persyaratan seperti

  • Peminjam harus berstatus sebagai WNI atau warga negara Indonesia
  • Selain statusnya WNI, peminjam harus berdomisili (tinggal) di negara Indonesia
  • Umur peminjam minimal 21 tahun
  • Punya sesuatu yang bisa dijadikan jaminan
  • Memiliki penghasilan tetap serta minimal sudah 2 tahun bekerja
  • Memenuhi kelengkapan dokumen yang harus diajukan ke pihak Lembaga keuangan

Salah satu bank yang menawarkan KPR multiguna adalah Consumer Loan Bank Mandiri. Pastinya udah pada tahu bahwa Bank Mandiri merupakan bank yang terlahir setelah 4 bank negara merger. Bank Mandiri terkenal sebagai salah satu bank terbaik dan terbesar di Indonesia. Boleh dibilang bank ini tersebar hampir diseluruh perosok daerah di Indonesia walaupun belum bisa menyaingi persebaran BRI yang masuk hingga perdesaan.

Ketika melakukan pinjaman, kita perlu:

  • Mencari lembaga keuangan yang bisa dipercaya. Jangan sembarangan memilih lembaga keuangan yang sistem kerja, layanan dan persyaratannya masih kurang jelas dan belum terbukti baik.
  • Ketahui berapa jumlah uang yang perlu kita pinjam dengan pihak lembaga keuangan. Jangan meminjam jumlah uang secara berlebihan. Pastikan memang jumlah yang dipinjam sesuai dengan kebutuhan dan bisa dikembalikan secepatnya karena bunga dari pinjaman dengan menggunakan kata “Multiguna” biasanya tinggi.
  • Carilah lembaga keuangan yang terpecaya serta menawarkan bunga yang lebih kecil. Karena bukan hanya jumlah pinjaman yang harus kita kembalikan tetapi kita juga harus membayar bunganya.
  • Lengkapi semua dokumen yang diminta agar prosesnya cepat dan tidak tertunda.
  • Pastikan pinjaman itu digunakan untuk kebutuhan mendesak jangan sembarangan menggunakannya untuk kebutuhan yang tidak begitu penting. Perlu diingat bahwa kita harus mengembalikan uang beserta bunganya kepada pihak lembaga keuangan yang sudah meminjamkan kita.

Semoga artikel KPR multiguna dan kredit multiguna ini membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s