Pet Relocation Ke Negara Tetangga

Pindah atau berpergian ke Malaysia tidak lengkap rasanya bila kita sendirian. Selain pindahan dan berpergian dengan orang – orang dekat, beberapa orang juga memilih membawa hewan peliharaannya. Untuk membawa hewan peliharaan kita ke negara tetangga, Malaysia berarti kita harus melakukan Pet Relocation. Apa itu Pet Relocation? Istilah bahasa Inggris untuk relokasi hewan peliharaan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Pet RelocationMasalahnya adalah setiap melakukan relokasi hewan peliharaan, kita sebagai pemilik harus mengetahui peraturan dari negara yang ditujuh. Kan tidak lucu kalau ternyata pas sampai di negara tujuan, hewan peliharaan kita harus dikerangkeng atau dipulangkan karena kita tidak memiliki dokumen dan tidak memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintahan negara tujuan seperti Malaysia.

Berikut ini informasi mengenai peraturan relokasi hewan peliharaan ke Malaysia yang bisa dijadiakn pedoman umum (perlu diingat bahwa ini hanya untuk pedoman umum jadi bisa saja ketentuan serta syarat relokasinya mengalami perubahan dan tidak update):

Syarat dan Ketentuan Pet Relocation Malaysia

Berikut ini beberapa syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh negara Malaysia:

  • Microchip – memang tidak diharuskan oleh pemerintahan Malaysia namuan sangat direkomendasikan untuk digunakan khususnya Microchip yang sesuai ISO Standard 11784 atau Annex A serta ISO Standard 11785.
  • Harus sudah divaksinasi rabies dan memiliki sertifikat rabies asli. Sertifikat rabies asli biasanya menyatakan nilai Microchip, tanggal inokulasi dan validitas vaksinasi. Untuk vaksinasi rabies, hewan peliharaan harus sudah divaksin 30 hari sebelum hari pengiriman.  Hari vaksin tidak boleh melebihi 1 tahun (expired) sebelum hari pengiriman. Tidak ada pengecualian. Vaksin ini harus sudah menjadi inactivated vaccine.
  • Sertifikat kesehatan khusus hewan peliharaan (Form 7001). Form 7001 merupakan standard sertifikat kesehatan yang diisi oleh Dokter Hewan terakreditas USDA. Sertifikat ini harus siap dalam waktu 7 hari dari tanggal pengiriman.
  • Izin pengiriman (impor) untuk memasuki negara Malaysia harus didapatkan. Cara mendapatkannya adalah menghubungi departemen Malaysia yang berwenang
  • Dokumen – dokumen penting harus mendapatkan persetujuan dari Serikat Dokter Hewan USDA Amerika berarti dokumen – dokumen tersebut harus dikirimkan. Dokumen yang perlu dikirimkan adalah rekaman penanaman Microchip, Sertifikat Rabies dan Sertifikat Kesehatan Dokter Hewan.
  • Mintalah daftar vaksin wajib yang diperlukan. Kita bisa menanyakan pada pemberi jasa pet relocation atau departemen Malaysia yang berwenang.
  • Salah satu peraturan wajib negara Malaysia adalah karantina wajib selama 7 hari nagi hewan peliharaan terutama yang datang dari Amerika Serikat. Untuk lebih lanjut, lebih baik menghubungi Departemen Malaysia khusus menangani servis dokter hewan, hewan peliharaan dan pet relocation.

Semoga artikel mengenai relokasi hewan peliharaan ke Malaysia ini membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s