Mengobati Sakit Sendi

Sendi merupakan salah satu bagian tubuh yang penting karena dia memiliki tugas sebagai perlindung antara tulang yang biasanya dapat ditemukan di antara pertemuan tulang – tulang. Bila perlindungan ini mengalami masalah maka bagian tulang disekitarnya akan sakit karena terjadinya gesekan keras atara tulang.  Rasa sakit sendi bisa terasa sangat menyakitkan dan membuat kita merasa seolah disiksa terus menerus.

Kebanyakan orang menganggap sakit sendi hanya dialami oleh orang – orang lanjut usia. Faktanya, banyak orang yang masih muda juga mengalami masalah yang sama jadi patokan umur sebenarnya tidak begitu berlaku dalam kasus ini. Munculnya pemikiran ini disebabkan fungsi persendian pada tubuh akan ikut menua mengikuti umur tubuh namun tentu bisa cengah sejak dini dengan cara menjaga kesehatan persendian. Orang – orang muda yang tidak menjaga persendianya dengan baik akan lebih cepat terserang nyeri sendi daripada orang lanjut usia.

Penyebab Sakit Sendi

Beberapa penyebab munculnya nyeri sendi adalah

  • sendiSendi yang sudah mulai aus
  • Mengangkat barang yang terlalu berat untuk waktu yang lama
  • Kurang berolahraga
  • Umur yang semakin tua
  • Kurangnya konsumsi makanan yang mengandung Glukosamin dan Kondroitin
  • Jarang mengerakan tubuh hingga tubuh kaku dan lambat laun mati fungsinya
  • Mencegah dan Mengobati Sakit Sendi

Cara yang disarankan di bawah ini bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati nyeri sendi:

  • Secara rutin melakukan olahraga ringan seperti berenang, jogging, jalan sehat, SKJ (Senam Kesehatan Jasmani), bersepeda atau olahraga lainnya.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung Glukosamin dan Kondroitin. Makan yang banyak mengandung ke dua zat ini, salah satunya adalah tripang laut yang juga dikenal sebagai timun laut. Timun laut merupakan binatang berbentuk lonjong yang hidup di dasar laut. Kadungan yang terdapat dalam tripang adalah Kolagen, protein, mineral, glukosamin, kondroitin, asam amino, omega 3, 6 dan 9.
  • Mengkonsumsi susu, telur, kacang, sayur segar, daging segar dan buah segar untuk menunjang kinerja Glukosamin dan Kondroitin agar dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, makan ini akan membantu menjaga agar kondisi tubuh tetap fit dan sehat.
  • Hindari obesitas. Bila berat badan sudah di atas ideal, saatnya kita mempertimbangkan untuk menurunkan berat badan. Tentu menurunkan berat badan bukan dengan diet ketat atau olahraga hingga pingsan; kita hanya perlu memiliki gaya hidup sehat: makan makanan sehat dan olahraga rutin.
  • Jangan sering mandi air dingin terutama pada malam hari agar. Untuk bagian yang sering terserang sakit sendi, kita bisa secara rutin mengompresnya dengan handuk yang sudah dicelupkan pada air panas / hangat. Pada saat nyeri sendi menyerang, cara ini juga bisa digunakan.
  • Lakukan pengobatan akupuntur. Menurut sebuah studi yang telah dilakukan oleh Harvard Health Publications, pengobatan akupuntur bisa mengurangi sakit ketika nyeri sendi menyerang.

Hidup sehat biar tidak sakit sendi. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s