Penggunaan Kredit Modal Kerja Tinggi di Makassar

Makassar merupakan ibu kota dari provisis Sulawesi Selatan. Makassar merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang sangat memanjak para lidah kuliner karena  disana kita bisa menikmati berbagai masakan khas Makassar seperti Sup Konro yang merupakan sup terbaut dari iga sapi dengan berbagai racikan rempah. Ditambah dengan tempat wisata yang menarik membuat Makassar menjadi tujuan wisata. Menjadi daerah wisata yang diincar telah memacu penduduk disana untuk mulai berbisnis sehingga permintaan kredit modal kerja sangat tinggi disana.

Permintaan kredit modal kerja yang tinggi memang dikarenakan perkembangkan ekonomi yang terus meningkat sehingga mamacu berbagai pemilik usaha meningkatkan atau memulai usaha baru jadi mereka perlu modal.

kredit modal kerjaGusti Raizal Eka Putra selaku Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Wilayah I mengatakan bahwa terjadi pertumbuhan penyaluran kredit yang lumayan besar. Peningkatkan ini sebanyak 22,94 persen bila dilihat dari Februari 2012 hingga Februari 2013. Di Februari 2012, penyaluran kredit sebanyak 57, 13 triliun rupiah menjadi 70, 24 triliun rupiah pada Februari  2013.

Dari 70,24 triliun rupiah ini, kredit yang ikut berkontribusi adalah

  • Kredit modal kerja = 28, 7 persen
  • Kredit konsumsi = 25, 98 persen
  • Kredit investasi = 5, 78 persen

Masalahnya yang dihadapi oleh Sulawesi Selatan adalah penyaluran kredit yang meningkat sangat tinggi dibandingkan pertumbuhan DPK serta pertumbuhan aset perbankkan daerah Sulawesi Selatan. Dari hal ini, bisa dikatakan bahwa jumlah kredit yang telah dikeluarkan oleh perbankan tinggi dibandingkan tabungan warga di Bank.
Peningkatan tabungan hanya sebesar 19,14 persen dari tahun 2012 hingga tahun 2013. Pada Februari 2012, tabungan mencapai 24,88 triliun rupiah. Dari 24,88 triliun rupiah meningkat menjadi 29,64 triliun rupiah pada Februari 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s