Membaca Buku Manual atau Panduan Penting

Peralatan rumah tangga terutama peralatan elektronik seperti rice cooker, mixer, kompor, mesin cuci atau kulkas selalu disertai dengan sebuah buku ajaib. Buku ajaib ini bernama buku manual atau panduan. Buku manual ini disusun dengan sepenuh hati dan penuh ketelitian hingga kita bisa menggunakan peralatan elektronik rumah yang telah kita beli dengan baik. Namun sangat disayangkan karena buku yang telah dibuat dengan sepenuh hati ini jarang digubris.

Banyak dari kita, membuang buku manual setelah melihatnya. Dan beberapa dari kita menaruhnya bersama dengan kotak di bagian terdalam di gudang. Hanya sebagian kecil saja yang membuka dan membacanya. Padahal buku ini sangat penting.

Alasan Kenapa Kita Harus Membaca Buku Manual

  • dapur-rumahBerisikan informasi pemasangan. Biasanya kita merasa sudah tahu gimana cara memasang sebuah peralatan rumah tangga yang kita beli namun ada baiknya kita baca terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kita tahu cara pemasangan yang tepat. Daripada nanti salah, sehingga harus mengulang dan membuang waktu lebih banyak? Mending dari awal pelajari cara pemasangan yang benar dari ahlinya yaitu buku manual.
  • Informasi lengkap mengenai servis dan garansi semuanya tertuang di dalam buku panduan ini. Contoh informasi yang diberikan adalah alamat serta kontak setiap cabang dan tempat service. Selain itu juga dijelaskan kondisi apa saja garansi berlaku.
  • Cara perawatan yang benar semuanya ada dibuku. Biar barang awet dan dapat digunakan untuk waktu yang lama, lebih baik kita mempelajari cara perawatan yang baik dan sesuai dengan ketentuan yang memang sudah ada di dalam buku. Cara perawatan yang ada di buku sudah pernah diujicoba.
  • Berapa banyak energi yang dibutuhkan juga tertulis di dalam buku manual atau panduan sehingga kita bisa tahu apakah tenaga listrik yang ada memang bisa digunakan untuk peralatan rumah tersebut. Besar kecilnya energi untuk semua peralatan berbeda-beda dan semuanya tertulis dengan lengkap beserta informasi detail produk.
  • Tersedia informasi, tips serta resep terutama untuk peralatan rumah tangga seperti rice cooker atau mixer. Memang tidak semua produk menawarkan buku manual yang berisikan tips, resep maupaun informasi namun beberapa produsen melakukannya untuk menarik minta pembeli membaca buku manual.

Semoga alasan –alasan di atas membuat kita semakin ingin membaca buku manual atau panduan untuk peralatan rumah tangga yang kita beli. Salam–hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s