Sewa Bus Pariwisata Dengan Tepat

Untuk berlibur terutama daerah yang jauh dengan jumlah orang yang banyak, sewa bus pariwisata merupakan kegiatan yang harus dilakukan; tidak bisa dihindari lagi. Menyewa bus untuk pertama kalinya pastinya membuat kita tertekan karena kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan.

Sewa Bus Pariwisata

Berikut beberapa tips dan tahap dalam menyewa sebuah bus pariwisata:

  • bus pariwisataMengetahui para penyedia jasa sewa bus. Di kota besar terutama di Jakarta, sangat banyak penyedia jasa penyewa untuk bus sperti Bluebird, WhiteHouse dan lainnya. Tidak ada salahnya membuat daftar lengkap setiap penyedia jasa penyewaan bus dengan no telepon yang bisa dihubungi
  • Putuskan bus apa yang akan disewa? Ukuran bus harus disesuaikan dengan jumlah penumpang. Semakin banyak penumpangnya berarti bus yang harus disewa semakin besar. Pastikan dulu jumlah yang ikut agar bisa memutuskan bus kecil atau besar. Bus memiliki kapasitas yang beragam. Ada bus yang memiliki kapasitas 15 orang, 25 orang,27 orang, 32 orang,  37 orang, 44 orang dan 57 orang.
  • Persiapkan budget yang cukup. Rata – rata harga sewa bus bisa mencapai dua juta rupiah. Untuk amannya, telepon setiap tempat sewa bus pariwisata untuk menanyakan durasi waktu, kapasitas penumpang dan jangan lupa menanyakan detail harga sewa (berdasarkan lokasi tujuan dan lama penyewa bus). Setelah tahu harga sewa, saatnya membaginya sesuai jumlah orang yang ikut agar kita tahu uang yang harus dipersiapkan masing-masing.
  • Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah menanyakan tentang fasilitas yang disediahkan. Setiap tempany penyewaan menyediahkan fasilitas yang berbeda. Contohnya Bluebird yang menyediahkan fasilitas karoke dan toilet dalam bus untuk bus tipe premium.
  • Lakukan reservasi 1 minggu sebelumnya bila low season (belum masuk bulan libur). Dan 1-3 bulan sebelumnya bila high season. Ingat, pas di high season banyak yang berlibur dan menggunakan jasa penyewaan bus.
  • Pada saat akan melakukan reservasi, pastikan kita telah memiliki uang yang cukup untuk pembayaran uang muka atau DP (Down Payment).  Besarnya DP serta cara pembayaran harus didiskusinya dengan penyedia jasa sewa bus karena setiap penyedia jasa memiliki peraturan DP dan cara pembayaran yang berbeda-beda. Biasanya pembayaran DP ini harus dilakukan 3 hari setelah pemesanan. Lima hari sebelum hari H penggunaan bus, pastikan kita sudah bisa melunasi semua pembayaran sewa bus pariwisata.

Semoga artikel tips sewa bus pariwisata ini dapat membantu. –hm-

2 pemikiran pada “Sewa Bus Pariwisata Dengan Tepat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s