Makanan Diet yang Justru Mengemukan

Pingin punya badan langsing seperti para artis dan model membuat kita melakukan berbagai jenis cara dimana salah satunya adalah diet. Sebenarnya diet yang betul tidak hanya membantu kita membentuk tubuh saja tetapi juga menyehatkan tubuh. Berbagai kiat menurunkan berat badan sudah beredar di internet. Namun tahukah kita bahwa ternyata beberapa makanan yang sangat disarankan ternyata tidak membuat kita mendapat badan langsing tetapi badan yang gemuk.

Makanan Diet yang Dapat Mengemukan

Berikut ini beberapa makanan diet yang ternyata bukannya membuat langsing , malah membuat badan semakin gemuk:

Smoothie dan Jus

Buah atau sayur yang dibuat menjadi jus dan smoothie tidak berarti hilang fungsi. Jus dan smoothie tersebut masih memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral. Tidak hanya vitamin dan mineral saja yang ada tetapi juga kalori. Ingat minuman selain air putih mempunyai kemampuan memberikan kalori untuk tubuh kita. Apalagi jika jus dan smoothie tersebut ditambah gula, makin banyak kalori yang akan dikonsumsi oleh tubuh. Lagi pula jus dan smoothie memiliki serat yang sedikit sehingga sangat dianjurkan mengkonsumsi buah atau sayur segar utuh.

Salad

makanan mengemukan badanSalad bisa mengemukan? Bukannya salad mengandung buah dan sayur sehat dengan dressing yang sedikit sehingga rendah kalori? Yap, memang salad menyehatkan dan sangat cocok dengan diet namun tidak semua salad cocok digunakan sebagai menu diet. Beberapa salad menggunakan dressing yang kaya akan lemak dan kalori. Salad yang harus dihindari adalah salah yang menggunakan krim, keju, daging berlemak, mayonise dan lainnya. Hanya konsumsi salad yang sehat. Biasanya salad yang sehat hanya menggunakan dressing alpukat, minyak zaitun, cuka apel atau tidak menggunakan dressing sama sekali.

Sup

Sup bisa menjadi salah satu menu makanan diet yang sangat sehat bila tidak ditambahkan dengan garam, kulit ayam, lemak hewan, dan produk susu seperti krim dan keju. Disarankan pilihlah sup yang tidak mengandung lemak dan kalori tinggi seperti sup sayur bening, sup jagung wortel tanpa daging atau sup lainnya.

Popcorn

Popcorn merupakan sebuah cemilan sehat yang bergizi tinggi namun dengan adanya tambahan mentega membuatnya mengandung lemak dan kalori lebih daripada yang seharusnya. Apalagi saat mengkonsumsinya saat kita sedang nonton, kita akan mengkonsumsi popcorn dengan jumlah yang sangat banyak sehingga kalori dan lemak di tubuh bertambah dengan cepat.

Kripik Sayur dan Buah

Sekarang sudah semakin banyak kripik sayur dan buah yang bermunculan. Banyak orang berpikir keripik sayur dan buah ini memiliki banyak vitamin sehingga bisa dijadikan cemilan yang sehat. Masalahnya pemikiran itu salah karena banyak vitamin dan mineral yang hilang ketika proses sayur dan buah segar menjadi keripik. Malahan kripik sayur dan buah ini mengandung garam. Garam yang merupakan salah satu bumbu masak yang harus diminimalis karena konsumsi garam yang banyak bisa menyebabkan kegemukan. So, konsumsi sayur dan buah utuh aja.

Buah Kering

Buah dikeringkan agar bisa disimpan untuk waktu yang lama. Sebenarnya buah kering mengandung vitamin dan mineral walaupun tidak sebanyak buah segar. Masalahnya adalah kandungan gula pada buah kering sangat tinggi. Bertambahnya kandungan gula ini terjadi ketika buah menjalani proses pengeringan. Gula merupakan makanan yang memiliki kalori yang sangat tinggi dan harus dihindari ketika kita mau menjalani diet sehat. Kita hanya disarankan mengkonsumsi gula dari buah dan sayur segar karena gula dari mereka lebih sehat.

Sereal or Cracker

Sereal yang digunakan untuk sarapan memang rasanya lebih enak dari oatmeal. Oatmeal memiliki rasa tawar sedangkan sereal atau cracker manis dan enak. Agar sereal atau cracker terasa manis, banyak produsen yang menggunakan gula tebu atau sirup jangung sehingga sereal tidak bebas dari kandungan gula yang berarti ada banyak kalori dan lemak tambahan bagi tubuh.

Mendapatkan badan langsing memang tidak ngampang. Kita harus memberikan asupan gizi yang cukup bagi tubuh namun menghindari makanan yang berlemak dan berkalori tinggi.

Perlu diingat bahwa diet bukan berarti puasa makan karena diet merupakan proses dimana kita menganti makanan tidak sehat menjadi sehat agar kalori dan lemak berkurang berangsur-angsur sehingga kita mendapat badan langsing yang kita idam-idamkan. Selain makan, dalam proses diet kita menganti kebiasaan hidup lama dengan kebiasaan baru yang lebih sehat”

Artikel kesehatan–hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s