Gadget Bukan Untuk Anak

Zaman di mana teknologi semakin modern dan mudah didapatkan tidak hanya mempengaruhi hidup orang dewasa tetapi juga anak – anak. Sekarang semakin banyak anak yang lebih suka memainkan handphone, smartphone, ipod dan tablet daripada mainan anak pada umumya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Dari pengalaman pribadi setelah melihat saudara dan teman – teman yang memiliki anak, alasan masalah ini muncul karena:

  • gadget bukan untuk anakOrang tua terlalu asyik mengunakan handphone, smartphone, ipod dan tablet sehingga membuat anak – anak menjadi tertarik dengan gadget yang digunakan oleh orang tuanya.
  • Orang tua yang terlalu sering memberikan anak gadget sebagai mainan agar anak tidak rewel. Padahal cara ini tidak baik karena anak akan semakin terbiasa memainkan gadget daripada mainan biasanya.
  • Orang tua memilih membeli gadget kepada anak daripada mainan sehingga mainan anak yang dimiliki sedikit sehingga dia bosan dan lebih memilih gadget karena di gadget, anak – anak bisa mendownload berbagai mainan baru ketika dia bosan.
  • Pengaruh lingkungan sekitar dimana sudah banyak teman – temannya yang menggunakan gadget sehingga dia merasa bahwa memiliki gadget itu keharusan.

Sebenarnya anak memang diperbolehkan memainkan gadget namun perlu dibatasi karena gadget tidak dapat membantu pertumbuhan sang buah hati dengan baik. Masalah yang bisa dialami anak yang banyak memainkan gadget kebanyakan adalah:

  • Skill sosialnya tidak berkembang sehingga hubunganya antara teman sebaya kurang berkembang
  • Tidak suka dengan aktifitas luar sehingga dia lebih banyak menghabiskan waktu di kamar atau di rumah di mana dia nyaman memainkan gadgetnya
  • Tubuh yang menjadi gumpalan lemak karena dia malas bergerak dan hanya duduk memainkan gadget
  • Ketagihan memainkan game-game di gadget
  • Kesehatan terganggu dikarenakan kurang gerak
  • Gadget lama kelamaan dapat merusak mata terutama untuk mata yang tidak memiliki otot syaraf yang kuat
  • Skill belajar yang kurang karena dia lebih fokus bermain dengan gadgetnya

Cara Menghindari Kecanduan Gadget Pada Anak

  • Batasi waktu penggunaan gadget misalnya 30 menit. Bila sudah mencapai waktu batas ini, langsung matikan gadget anak dan letakan di tempat yang tidak terjangkau olehnya. Jangan berikan walaupun dia meregek, marah-marah dan lainnya.
  • Agar dia tidak marah, regek dan nagis terlalu lama; sangat disarankan untuk mengalihkan perhatian dengan mainan anak lainnya. Mainan anak yang tepat dapat membantu meningkatkan kecerdasan si buah hati baik itu kecerdasa fisik, mental dan otak.
  • Sekarang sudah banyak beredar mainan – mainan yang disesuaikan umur si buah hati. Memilih mainanan untuk anak sangat disarankan memilih mainan yang sesui umur karena mainan tersebut bisa menunjang perkembangannya serta aman dimainkan olehnya.  Bahkan mainan –mainan ini dapat dimainkan bersama orang tua sehingga interaksi orang tua dan anak semakin banyak. Interaksi merupakan salah satu cara untuk membantu perkembangan anak terutama untuk anak yang masih mudah.
  • Selain mainan, menggunakan buku cerita yang dibacakan dengan penuh penghayatan serta ditambah gesture yang cocok dengan cerita akan membuat anak tertarik. Tidak ada salahnya juga membuat cerita sendiri namun ada baiknya memiliki dua sampai tiga buku cerita karena sekarang buku cerita anak sangat berwarna-warni sehingga tidak akan membuat si buah hati bosan.
  • Terus menerus memberi perhatian pada si buah hati di saat dia sedang bermain. Dengan adanya teman main, dia akan merasa lebih senang.

“Pilih Mainan Anak yang Tepat untuk Membuat Anak Berkembang” ayo semangat papa dan mama dalam membimbing anak – anaknya. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s