Firewall Penting Bagi Pengguna Internet

Firewall atau secara harafianya berarti tembok api sangat diperlukan bagi para pengguna internet Bali, Semarang, Jakarta dan daerah lain yang memiliki arus penggunaan internet yang cukup tinggi. Apa sebenarnya Firewall dan kenapa pengguna internet sangat membutuhkannya?

Pengertian Firewall

firewallFirewall merupakan nama yang digunakan untuk sebuah sistem yang terdapat pada perangkat lunak seperti Komputer. Firewall merupakan sistem perlindungan bagi para perangkat lunak yang menjadi tembok di depan pintu jalur masuknya lalu lintas jaringan. Tembok ini berfungsi mencegah masuknya jaringan dan akses yang tidak aman  atau mencurigakan.

Sekarang ini dimana akses dan jaringan internet yang sangat berkembang  pesat memungkinkan masuknya peretas komputer yang dapat mencuri data – data yang tersimpan di dalamnya. Sehingga memiliki sebuah Firewall akan sangat membantu untuk melindungi data kita. Pencurian data sudah sering terjadi terutama di kota – kota dengan perkembangan dan penggunaan internet yang sangat banyak.

Fungsi Firewall

Firewall memiliki berbagai fungsi seperti

  • Pendeteksian asal akses yang ingin masuk keperangkat lunak
  • Mencatat semua kejadian sehingga bisa dilaporkan kepada administrator
  • Melindungi perangkat lunak
  • Mengatur lalu lintas jaringan

Jenis Firewall

Firewall menurut Wikipedia ada 2 jenis yaitu:

Personal Firewall

Personal Firewall merupakan Firewall yang paling banyak ditemukan di dalam pelangkat lunak seperti komputer. Personal Firewall ini dirancang khusus untuk melindungi perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan seperti internet agar tidak ada akses yang mencurigakan. Seiring perkembangan sistem komputer, sistem Personal Firewall pun berkembang menjadi kumpulan dari berbagai program yang lebih komplek untuk memberian perlindungan total seperti anti-spam, anti-spyware dan lainnya.

Contoh Personal Firewall:

  • Microsoft Windows Firewall (biasanya sudah dalam paket Windows XP dan Vista)
  • Norton Personal Firewall
  • Network Firewall

Network Firewall merupakan Firewall yang dirancang untuk melindungi serangan dari berbagai keselurahan. Network Firewall memiliki fitur yang lebih banyak daripada Personal Firewall. Contoh Firewall ini adalah

  • Microsoft Internet Security and Acceleration Sever
  • Cisco ASA
  • IPTables

Apapun Firewall yang kita miliki pastikan bahwa kita memilikinya agar bisa melindungi komputer kita selama masih terhubung dengan internet. Hal ini sangat disarankan terutama untuk para pengguna internet bali, Jakarta dan semarang. Sampai jumpa di artikel informasi lainnya–hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s