Kartu Kredit Hilang, Tetap Tenang

Kartu kredit merupakan kartu layanan yang memperbolehkan pemengangnya berhutang dalam jangka waktu tertentu. Dengan menggunakan kartu ini, semua belanjaan kita akan dibayar dulu oleh bank dan kemudian baru nanti kita membayar langsung ke Bank. Kartu ini memang mempermudah setiap proses transaksi belanja. Tidak hanya itu, kartu ini semakin populer karena ada promo dan diskon khusus dalam menggunakan kartu ini sebagai alat transaksi.

Kartu kredit boleh dibilang sebagai kartu yang tidak ada perlindungan . Kartu yang bisa digunakan oleh siapa saja alias bisa pindah tangan dengan mudah karena tidak ada pin yang melindunginya berbeda dengan kartu debit (kecuali kartu debit dengan sistem Visa).

Sakin mudah digunakan, banyak orang yang khawatir jika kartu kreditnya hilang. Pasalnya orang yang mengambilnya bisa langsung belanja tanpa perlu takut harus menbayarkanya karena tagihannya tetap akan jatuh ke tangan pemilik kartu aslinya.

Bila kartu kredit sudah hilang, apa yang harus dilakukan?

Pastikan Emang Benaran Hilang

Pastikan kartu memang hilang bukanya keselip atau ketinggalan di kamar. Kadang – kadang, sakin kita cemasnya kita lupa memeriksa tas dan dompet secara teliti.

Telp Customer  Service penerbit Kartu Kredit

kartu kreditSesudah memastikan kartu kredit memang tidak ada di tangan, Saatnya menghubungi customer service dimana kartu diterbitkan. Pada saat melapor, berikan keterangan dengan jelas lalu mintalah pihak bank untuk memblokir kartu agar tidak bisa digunakan orang lain.

Pertanyaan yang biasa diajukan oleh pihak Customer Service adalah nama pemilik kartu, angka pada kartu, tanggal kehilangan dan tanggal / waktu terakhir transaksi. Jadi sang pemilik kartu kredit harus menyimpan nomor kartu serta nomor Customer Service di Hp atau tempat lainnya.

Mintalah Pengecekan Transaksi

Setelah melakukan pemblokiran, saatnya minta bagian Customer Service untuk memberikan daftar akhir transaksi untuk memastikan bahwa tidak ada orang yang menggunakan kartu kredit kita untuk bertransaksi. Bila ternyata ada transaksi yang tidak dilakukan oleh kita, saatnya klaim ke Bank agar bisa dibantu oleh pihak bank.

Surat keterangan Hilang

Beberapa bank mengharuskan kita menyertakan surat keterangan hilang. Bila bank tempat kita membuat kartu kredit mengharuskan kita membuat surat keterangan saatnya mendatangi kantor polisi. Carilah bagian pengaduan barang hilang dan berikan informasi yang mereka butuhkan. Pertanyaan yang biasa ditanyakan adalah nama pelapor, tempat dan waktu hilang dan nama barang yang hilang.

Buat Kartu Kredit Baru

Setelah surat keterangan hilang sudah ada, saatnya datang mendatangi Bank dengan membawa serta KTP asli, KTP fotokopi dan buku tabungan sebagai jaga-jaga jika dibutuhkan. Pada saat membuat kartu baru, tidak ada salahnya kita memastikan sekali lagi kartu kredit yang hilang sudah diblokir penuh.

Jadi-jangan resah dan cemas. Tinggal ikuti langkah – langkah di atas. Waspada dan Berhati-hatilah –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s