Pilih Mainan Yang Memang Mendidik

Mainan anak memang dapat menawarkan rasa senang untuk buah hati kita namun perlu diingat bahwa tidak semua mainan itu mendidik. Jadi boleh dibilang mainan mendidik khusus untuk anak  – anak memang fun tetapi tidak semua mainan yang fun bisa mendidik. Sekarang ini sudah banyak mainan anak yang memenuhi pasar jadi sebagai orang tua, kita harus semakin waspada memilih mainan yang mendidik.

Perlu kita ketahui bahwa sekarang sudah banyak artikel informasi yang menyarankan kita memilih mainan anak yang mendidik. Mainan yang mendidik tidak hanya memberikan rasa fun tetapi juga membantu pertumbuhan anak baik pola berpikir, bertindak dan berkata-kata. Anak – anak di bawah umur 7 tahun sangat cepat menyerap apa yang dimainkannya, didengar dan dilihat. Pada saat umur tersebutlah, otak anak – anak berkembang dengan sangat cepat. Saat itulah saat dimana kita harus mengisinya dengan hal-hal yang mendidik dan berguna untuknya (Tetapi jangan maksa dia les tiap hari juga).

Tips Memilih Mainan anak yang Mendidik

Langkah pertama yang harus dilakukan orang tua agar bisa support pertumbuhan anaknya dengan baik adalah tidak memilih mainan anak yang berbahaya bagi si buah hati alias aman dan tepat. Yang dimaksud mainan anak yang tepat adalah mainan yang mendidik. Berikut beberapa tips memilih mainan yang mendidik:

  • mainan anakJangan memilih mainan yang memiliki warna monoton. Pilih mainan yang setidaknya memiliki lebih dari 3 warna atau motif seperti teddy bear dengan corak berbeda setiap bagian dan satu pak lego warna warni.
  • Dalam setiap membeli mainan anak, perhatikan labelnya. Bila mainan tersebut memang sesuai peraturan seharunya memiliki label yang menyatakan keamanan, bahan baku dan umur berapa cocok dengan mainan tersebut. Biasanya maianan luar negeri terutama yang berasal dari Amerika sudah memiliki label yang berisikan data yang lengkap. Pilih maianan yang sesuai dengan umur si buah hati.
  • Pilih mainan yang memang mendidik tidak hanya menawarkan kata fun. Mendidik di sini adalah sesuatu yang dapat menantang si buah hati untuk berimajinasi dan berkreasi seperti lego, puzzle, peralatan mengambar, buku cerita, alat musik anak-anak (piano mini) atau lainnya.
  • Tidak hanya dari segi mendidik saya yang perlu kita perhatikan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mainan tersebut harus tidak cepat rusak dan aman untuk anak kita.
  • Orang tua ikut mengajarkan anak bermain dengan mainannya agar bisa meningkatkan imajinasi anak sekaligu berinteraksi dengan anak. Selain memilih mainan anak yang tepat, interaksi orang tua ke anak juga sangat dibutuhkan. Ingat untuk jaga sikap, ucapan serta tindakan kita dihadapan anak – anak. Jangan marah-marah dan maki-maki didepan anak yang berumur di bawah 17 tahun, nanti anak ikut-ikutan memaki baru nyesal kan gak lucu.

Pertumbuhan si buah hati perlu perhatian dan waktu yang ekstra namun ini semua demi kebaikannya. Samapi ketemu di artikel tips lainnya –hm-

2 pemikiran pada “Pilih Mainan Yang Memang Mendidik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s